Polri Selidiki Ledakan Asrama Brimob di Sukoharjo

26 September 2022 - 14:42 WIB

Tribratanews.polri.go.id – Jateng. Ledakan terjadi di Asrama Brimob Sukoharjo kemarin. Polda Jawa Tengah memastikan bahwa ledakan tersebut akibat paket hasil operasi yang dilakukan setahun lalu. Diduga terjadi kelalaian anggota dalam menyimpan barang bukti tersebut.

Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H., mengatakan bahwa ledakan sekitar pukul 18.20 terjadi di pekarangan kosong dekat rumah anggota Brimob. 

“Hasil olah TKP ditemukan dua kantong plastik bubuk hitam, bubuk petasan,” jelasnya.

Serta ditemukan pula residu atau sisa bahan petasan. Selain itu ditemukan adanya sumbu petasan di lokasi. “Ini merupakan paket hasil operasi yang dipesan pada 22 April 2021,” jelasnya. 

Pemesan paket tersebut adalah CV Mandiri Sudjono dan penerimanya berinisial A. Penerima ini sudah diamankan di Polres Surakarta. “Paket itu dirazia setahun lalu, disebutkan untuk mengusir tikus,” jelasnya.

Dia mengatakan, karena itu patut diduga bahwa terdapat kelalaian oleh anggota. Namun, hal tersebut masih perlu dipastikan. “Anggota kan masih dirawat,” jelasnya. 

Namun, petugas telah mengklarifikasi kepastian terdapat operasi paket yang dilakukan setahun lalu. “Kami tanya anggota yang lainnya. Setahun lalu memang ada operasi paket itu,” jelasnya.

Sebelumnya, sebuah benda mencurigakan berbentuk paket meledak Asrama Polisi Grogol Indah, Solobaru, Grogol, Sukoharjo Minggu (25/9/22) petang. Terdengar bunyi ledakan yang cukup keras dan mengagetkan warga sekitar lokasi.

Akibatnya, satu orang anggota Polisi menjadi korban ledakan tersebut. Korban diketahui berinisial DP, 35, berpangkat Bripka dan berdinas di Polresta Surakarta.

“Iya, memang benar ada ledakan. Saat ini tim Jibom masih melakukan olah TKP dan masih didalami terkait motifnya,” jelas Kabid Humas Polda Jateng, Kombes. Pol. Muhammad Iqbal Alqudusy, S.H., S.I.K.

Dari informasi yang dihimpun, saat kejadian warga sekitar lokasi dikagetkan dengan suara ledakan. Saat keluar melihat korban sudah terkapar berlumuran darah. Warga membawa korban ke RS Indriyati Solo baru dan dirujuk ke RSUD Dr Moewardi Surakarta.

Saat ini, akses masuk Asrama Polisi Grogol Indah, Solobaru, Grogol, Sukoharjo dijaga ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap, Minggu malam (25/9/22). Ini menyusul terjadinya ledakan yang menyebabkan satu anggota Polresta Surakarta terluka.

Share this post

Sign in to leave a comment