Polresta Palangka Raya Giatkan Persiapan Latihan Pengamanan Pemilu 2024

12 October 2023 - 11:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Palangka Raya. Polresta Palangka Raya di Kalimantan Tengah terus menggiatkan berbagai persiapan untuk mengoptimalkan tugas pengamanan selama Pemilu 2024.

Wakil Kepala Satuan Samapta Polresta Palangka Raya, AKP I Ketut Warsa mengatakan latihan pelaksanaan pengendalian massa (dalmas) awal bertujuan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024 yang tidak lama lagi akan segera digelar secara serentak.

"Latihan digelar guna mempersiapkan tugas pengamanan selama tahapan Pemilu 2024, dalam hal ini dalmas awal berfungsi untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam setiap kegiatan bersifat massa seperti unjuk rasa, aksi damai dan lain sebagainya,” ujar AKP Warsa, Rabu (11/10/23).

AKP Warsa mengatakan, para personel akan diberikan materi latihan dalam melaksanakan dalmas awal, yang kemudian akan dilanjutkan dengan praktik seperti saat di lapangan.

Baca Juga:  Kemenag Minta Masyarakat Lapor Jika Ada Pemuka Agama Ceramah Bermuatan Politik

“Materi latihan mulai dari gerakan-gerakan dalmas awal yakni gerakan di tempat hingga berjalan beserta dengan aba-abanya, kemudian juga formasi-formasi yang ada dalam dalmas awal seperti bersaf, berbanjar, tangan berkait dan menggunakan tali dalmas,” bebernya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Sat Samapta polres Palangka Raya juga rutin melakukan patroli ke sejumlah tempat salah satunya ke kantor penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) baik kota maupun provinsi setempat.

Bahkan selama dilaksanakan patroli di sejumlah titik, tidak ada ditemukan gangguan kamtibmas yang dapat merusak keamanan dan lain sebagainya.

Selain itu, kehadiran kepolisian di sejumlah tempat, juga disambut baik oleh masyarakat.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment