Polisi Terjunkan Ratusan Personel Gabungan Amankan Malam 1 Suro di Solo

18 July 2023 - 08:30 WIB
Foto: Kompas.com

Tribratanews.polri.go.id - Solo. Dalam rangkap memperingati Kirab malam 1 Sura di Kota Solo, Jateng, Kepolisian bakal mengerahkan ratusan personel keamanan gabungan selama jalannya acara tradisi tersebut. Kirab tersebut rencananya akan digelar di dua tempat, yaitu di Pura Mangkunegaran dan  Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo, pada Selasa (18/7/23), dan Rabu (19/7/23). Kapolresta Solo, Kombes. Pol. Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si., menjelaskan bahwa personel keamanan gabungan terdiri dari unsur kepolisian, TNI, dan Satpol-PP.

"Untuk Kasunanan, seperti biasa rute yang selama ini dilakukan untuk kita satu suro 350 personel. Lalu, siapkan untuk kegiatan yang Mangkunegaran 400 personel," jelas Kapolresta Solo dilansir dari Kompas.com, Senin (17/7/23).

Kapolres mengungkapkan bahwa menjelang pelaksanaan kirab, pihaknya pun akan melakukan pengecekan secara berkala, sebab dimungkinkan akan menyedot masyarakat yang akan memenuhi rute kirab.

Baca Juga:  Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-77, Polda Riau Gelar Lomba Polisi Cilik 2023

"Jika memang itu diperlukan penggunaan jalan penuh, kita akan mencoba mengalihkannya mencarikan alternatif untuk rekayasa lalu lintas. Karena kita,  mempertimbangkan faktor risiko dan lain sebagainya yang kita akan gunakan secara bersama-sama," jelasnya lebih lanjut. 

Sedangkan untuk pengamanan tamu VIP, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Panitia Penyelenggaraan, Pura Mangkunegaran dan Keraton Solo.

"Kami konsentrasinya adalah pengamanan jalur sistem pengamanan prosesi kirab. Sementara untuk kehadiran tamu-tamu undangan yang mungkin kategori VIP kita sampai saat ini belum ada kabar," tutup Kapolres.

Kapolres pun mengimbau kepada masyarakat untuk menonton dan mengikuti prosesi kirab secara tertib dan mengikuti arahan petugas di lokasi.

(my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment