Polisi Terapkan Standar VIP, Dalam Pengamanan Kampanye Capres di Sumut

5 December 2023 - 12:00 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id – Medan. Polda Sumatera Utara kembali menerapkan berstandar VIP dalam pengamanan rangkaian kampanye calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di wilayah ini.

"Untuk mengantisipasi berbagai bentuk gangguan keamanan terhadap orang yang berstatus VIP, maka diperlukan satuan pengamanan yang proporsional dan profesional dalam melaksanakan tugasnya," ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes. Pol. Hadi Wahyudi, S.I.K., S.H., dilansir dari Antaranews, Senin (04/12/23).

Kabid Humas Polda Sumut, mengatakan pengamanan VIP terdiri dari unit-unit yang melekat selama kegiatan VIP yaitu tim advance, tim Pengawalan, tim escort, tim Pengawal Pribadi, tim Pemukul dan tim me

Baca Juga: Polres Lampung Barat Perkuat Pengamanan Tahapan Kampanye

Selanjutnya, Kombes. Pol. Hadi Wahyudi, mengungkapkan pengamanan selama masa Pemilu 2023-2024 menindaklanjuti instruksi Mabes Polri berdasarkan kerja sama dengan KPU dalam memberikan pengamanan serta pengawalan terhadap para pasangan Capres dan Cawapres selama masa kampanye Pemilu 2024

"Pengamanan yang digelar dalam rangka Operasi Mantap Brata Toba 2023," ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya, pihak kepolisian juga menyiapkan 5.930 personel terlatih untuk pengamanan Pemilu 2024 di daerah ini guna menciptakan situasi kamtibmas agar tetap aman dan damai .

"Diturunkan sebanyak 5.930 personel, sementara untuk sarana prasarana pengamanan pemilu di antaranya K9, jibom, bus 'command and monitoring', yang dikendalikan dari 'Command Center' Operasi Mantap Brata Polda Sumut," ujarnya.

Diakhir kesempatan ia menyebut langkah ini sebagai upaya dan komitmen pihak kepolisian beserta jajaran dalam mengamankan Pemilu 2024 di provinsi ini sehingga berjalan aman dan nyaman.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment