Polisi Pastikan Pengamanan Upacara Kemerdekaan di IKN

10 August 2024 - 19:15 WIB
Dok. Polda Kaltim

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polda Kaltim memastikan pengamanan mulai dari jalur hingga lokasi menjelang gelaran upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia, 17 Agustus 2024.

"Kami lakukan pantauan udara pastikan pengamanan rangkaian kegiatan acara kenegaraan di Kota Nusantara," ujar Kapolda Kaltim, Irjen. Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si., Sabtu (10/8/24).

Keberangkatannya tersebut dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan menggunakan helikopter memantau jalur yang bakal dilintasi pejabat negara dan tamu undangan yang menghadiri upacara kemerdekaan di ibu kota baru Indonesia.

"Jalur itu mencakup rute atau jalur strategis menuju Kota Nusantara yang menjadi fokus pengamanan pada acara kenegaraan," jelasnya.

Sesampainya di IKN, ia langsung melakukan pengecekan areal Mako Kepolisian Resor (Polres) ibu kota baru Indonesia memastikan kesiapan pengamanan di lokasi upacara kemerdekaan.

"Kami juga lakukan inspeksi ke sejumlah lokasi strategis yang menjadi fokus pengamanan acara kenegaraan di Kota Nusantara," terangnya.

Ia melanjutkan, pemantauan dilakukan untuk memastikan semua fasilitas dan personel dalam menghadapi kemungkinan ancaman selama upacara kemerdekaan berlangsung.

Kegiatan inspeksi bagian dari upaya Kepolisian menjamin kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian acara kenegaraan, Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol. Yuliyanto menimpali, yang digelar di ibu kota baru Indonesia.

Pengamanan menitikberatkan pada jalur yang bakal dilalui pejabat negara dan tamu undangan penting acara kenegaraan dari Kota Balikpapan menuju Kota Nusantara berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim.

"Polda Kaltim komitmen menjamin kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian upacara kemerdekaan di ibu kota baru Indonesia," tegasnya.

Keamanan pejabat dan tamu undangan penting negara yang hadir dalam acara kemerdekaan menjadi prioritas utama, dan menjaga situasi tetap kondusif selama acara kenegaraan berlangsung.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment