Polisi Pastikan Kawal Ketat Keamanan Laga Persib Vs Persija

1 October 2022 - 14:08 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jabar. Polda Jawa Barat menegaskan bahwa akan menerapkan pengawalan ketat pola empat ring pada laga Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Persib akan menjamu Persija pada lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (2/10/22).

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes. Pol. Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si., Jumat (30/9/22), mengatakan akan memberikan pengawalan pola empat ring di laga Persib vs Persija.

"Sudah ada standar pengawalan dan pengamanan terhadap pemain dan ofisial. Itu dilaksanakan sama dengan yang lain," jelas Kabid Humas Polda Jabar. 

Kabid Humas Polda Jabar tidak merinci soal teknis pengawalan yang dimaksud. Termasuk apakah para pemain Macan Kemayoran bakal menggunakan kendaraan taktis (rantis) atau tidak menuju dan pulang dari Stadion GBLA.

Selain pengawalan dan pengamanan kepada tim tamu Persija, Ibrahim juga memastikan bahwa pengamanan maksimal bakal diterapkan bagi para pendukung tuan rumah Persib yaitu Bobotoh yang hadir di Stadion GBLA.

Terkait pola pengamanan, Kabid Humas Polda Jabar menyebut ada empat ring bakal ditetapkan untuk memastikan penonton yang hadir di Stadion GBLA.

Pihaknya pun memastikan bahwa petugas di lapangan bakal lebih selektif dalam melakukan penyekatan demi mencegah adanya pendukung Persija yang datang ke Stadion GBLA.

"Jadi, kita menggunakan pola empat ring dan juga ring-ring di luar stadion. Itu kita lakukan dengan sistem dan seleksi yang lebih ketat, apalagi ada seleksi untuk (pendukung) Persija tidak boleh masuk ke dalam," tegas Kabid Humas Polda Jabar. 

Adapun ring empat akan diterapkan di jalan raya menuju stadion. Pada ring ini, penonton yang tak memiliki tiket akan diminta putar balik dan meninggalkan area stadion.

Sedangkan, ring tiga dan dua berada di kawasan stadion serta kawasan luar stadion. Untuk ring satu dilaksanakan di lokasi pemeriksaan tiket dengan scan barcode.

Apabila ditemukan penonton tak bertiket atau pendukung Persija akan dikembalikan atau dilarang masuk stadion.

"Sehingga kalau terindikasi ini penonton Persija, otomatis pasti akan dikembalikan lagi. Misalnya dia bawa atribut-atribut Persija," jelas Kabid Humas Polda Jabar. 

Seperti diketahui, laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta menjadi duel yang dinantikan oleh pencinta sepak bola Indonesia. Tensi panas diprediksi bakal terjadi saat laga berlangsung.

Disisi lain, bentrok antara suporter Persija dan Persib kerap terjadi dalam satu dekade terakhir. Larangan suporter tandang sudah diberlakukan untuk menghindari adanya gesekan.

Sumber : cnnindonesia.com


Share this post

Sign in to leave a comment