Polisi Gencarkan Persiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Sulteng

8 October 2023 - 14:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Palu. Polda Sulawesi Tengah menggencarkan persiapan dalam rangka mengamankan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di provinsi itu.

"Kita harus memiliki optimisme bahwa pelaksanaan Pemilu serentak 2024 di wilayah Sulawesi Tengah aman dan lancar," ujar Dansat Brimob Polda Sulteng, Kombes. Pol. Alfian Hidayat, S.I.K., dilansir dari Antaranews, Sabtu (7/10/23).

Dansat Brimob Polda Sulteng mengatakan bahwa komitmen Polda Sulteng dalam mengamankan agenda politik itu benar - benar dipersiapkan, salah satunya dengan memberikan materi latihan teknis dan taktis sistem pengamanan kota (Sispamkota) kepada personel kepolisian.

Sebagai informasi, sebelumnya ia menyebut latihan pra operasi (Latpraops) Mantap Brata Tinombala juga telah dilaksanakan pada Jumat (6/10).

Baca Juga:  Polisi Kaji Pemberlakuan 2 Arah Jalan di Sukajadi Bandung

Kombes. Pol. Alfian Hidayat, menjelaskan Sispamkota merupakan sistem yang diciptakan untuk menanggapi situasi yang berkembang secara cepat, dan meluas serta menjadi ancaman di wilayah kota melalui operasi kepolisian dan stakeholder atau pemangku kepentingan terkait secara sistematis dan terintegrasi.

"Oleh karena itu, saya berpesan untuk melakukan persiapan dan perencanaan yang matang, ikuti penyampaian materi dengan sungguh-sungguh dan selanjutnya menindaklanjuti kegiatan ini di wilayah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes. Pol. Djoko Wienartono, S.I.K., S.H., M.H., menekankan Polda Sulteng dan jajaran berkomitmen mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 agar berlangsung aman dan kondusif.

Ia mengungkapkan setelah dilakukan latpraops Mantap Brata Tinombala dan latihan teknis dan taktis Sispamkota, selanjutnya akan digelar gladi posko, tactical digital game (TDG), latihan parsial gladi lapang, latihan rangkaian gladi lapang, dan gladi lapang.

"Pelatihan ini diikuti Satgas Operasi Mantap Brata Tinombala Polda Sulteng yang nantinya mereka akan mengimplementasikan latpraops dan Sispamkota di wilayahnya," tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment