Polda Metro Jaya Terapkan Pengalihan Lalin Pelantikan Presiden Mulai Pukul 06.00 WIB

20 October 2024 - 10:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Melalui laman Instagram TMC Polda Metro Jaya. Kepolisian Daerah Metro Jaya menerapkan rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas (lalin) saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. Pengalihan arus akan diberlakukan pada Minggu, 20 Oktober 2024, mulai pukul 06.00 WIB hingga selesai.

Polisi meminta pengguna jalan untuk menghindari ruas jalan di atas serta perhatikan jalur alternatifnya untuk hindari kepadatan di sekitar area tersebut.

Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di beberapa titik di Jakarta. Berikut adalah titik-titik pengalihan arus yang perlu Sobat Lantas perhatikan:

1. Arus lalu lintas dari arah TL. Lap. Tembak menuju Jl Gatot Subroto , di putar balik di kolong sekat 2 atau dialihkan ke tanjakan Layang Ladokgi arah Semanggi.

2. Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di offramp Pulo Dua di luruskan ke arah tol Tomang

3. Arus lalu lintas dari Jl. Palmerah Timur menuju Jl. Gelora / pintu belakang Gd. DPR/MPR RI di luruskan Jl. Tentara Pelajar / jl. Permata Hijau.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Latif Usman, S.I.K., M.Hum., menyebutkan bahwa Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jakarta pada Minggu (20/10/2024) ditiadakan sehubungan dengan adanya pelantikan sebelumnya, ia menyebut pengalihan arus lalu lintas selama acara pelantikan bakal situasional.

Dengan melihat kondisi ruas-ruas jalan menuju kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Jika jalanan menuju kompleks parlemen menjelang acara pelantikan padat, pihaknya bakal mengalihkan arus kendaraan agar iring-iringan kendaraan presiden, wapres, dan tamu-tamu negara lancar.

"Kalau penuh, tidak bisa lewat, ya kami alihkan. Kami lihat situasi," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Jumat (18/10/24).

Selanjutnya ia mengatakan bahwa pengalihan arus lalu lintas juga bersifat situasional. Selepas acara pelantikan, Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Perlakuan yang sama juga pada arus lalu lintas yang bakal dilintasi Presiden RI periode 2019-2024 Joko Widodo. Saat hendak menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk kembali ke rumahnya, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024).

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment