Polda Metro Jaya Kerahkan 3.624 Personel Amankan Laga Piala AFF Indonesia vs Vietnam di GBK

6 January 2023 - 09:00 WIB
Foto : sportstars.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengerahkan 3.624 personel dalam mengamankan pertandingan Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (6/1/23).

"Mendasari aturan FIFA maka untuk pengamanan di dalam stadion (seputar lapangan) akan ada steward," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Endra Zulpan, S.I.K., M.Si., dalam keterangannya di Jakarta dikutip dari pmjnews.com., Kamis (5/1/23). 

Baca juga : Bantu Tugas Polri Ungkap Kasus, Kapolda Maluku Cek Kesiapan Anjing Pelacak Bahan Peledak

Kombes. Pol. Endra Zulpan mengatakan personel gabungan tersebut terdiri atas 3.281 anggota Polri, 212 personel TNI, dan 131 personel dari pemerintah daerah. Personel akan berjaga di luar stadion, sementara di bagian dalam dilakukan oleh 500 steward.

Sebanyak 100 personel akan berjaga itu di lorong-lorong mengelilingi stadion. Kemudian ada juga yang berpakaian preman, yang berjumlah 200 personel. Kabid Humas Polda Metro mengatakan, nantinya anggota yang berpakaian preman akan bersiaga mengamankan penonton yang mabuk dan membuat kerusuhan. Hal itu belajar dari peristiwa sebelumnya yang dilihat dari CCTV.

Kepolisian mengimbau kepada para penonton, di samping mendukung Timnas Indonesia hendaknya menjaga nama baik bangsa Indonesia dengan tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas dalam pertandingan. Hal itu perlu ditegaskan mengingat dalam waktu dekat Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola U-20.

(rz/hm/um)

Share this post

Sign in to leave a comment