Polda Kalbar Siapkan Personel Untuk Amankan Kampanye Tatap Muka dan Rapat Umum Pemilu 2024

4 February 2024 - 08:00 WIB
pikiranrakyat

Tribratanews.polri.go.id - Pontianak. Polda Kalbar kerahkan ratusan personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata Kapuas 2024 untuk melaksanakan pengamanan Kampanye Tatap Muka dan Rapat Umum, Sabtu (3/2/24).

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol. Raden Petit Wijaya, menjelaskan dalam rengiat Kampanye tatap muka dan pertemuan terbatas ada 361 titik dan 1 titik dalam Kampanye Rapat Umum yang di wilayah Kalimantan Barat.

"Dalam pengamanan ini Polda Kalbar menurunkan personel untuk memberikan pengamanan di lokasi kampanye dimana kegiatan tersebut sesuai dengan renggiat," jelasnya, pikiranrakyat.

Lokasi kampanye tersebut adalah Polresta Pontianak Kota: 6 kegiatan, Polres Kubu Raya: 2 kegiatan, Polres Mempawah: 8 kegiatan, Polres Singkawang: 5 kegiatan, Polres Sambas: 45 kegiatan, Polres Bengkayang: 40 kegiatan, Polres Landak: 70 kegiatan. 

Baca Juga: Resmikan Gedung SPKT Polres Gumas, Kapolda Kalteng: Pelayananan Harus Lebih Baik

"Kemudian, Polres Sanggau 56 kegiatan Polres Sekadau: 12 kegiatan Polres Melawi: 10 kegiatan Polres Sintang: 24 kegiatan, Polres Kapuas Hulu: 37 kegiatan, Polres Ketapang: 38 kegiatan, Polres Kayong Utara: 8 kegiatan," tambahnya.

Pengamanan yang diberikan terdiri dari pengamanan terbuka dan tertutup.

Selain itu juga terdapat personel yang melakukan pengawalan dan ada juga dari Satbrimob yang selalu mobiling dan setiap saat siap digerakkan sesuai ekskalasi yang terjadi di Wilkum Polda Kalbar. 

“Seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku, pengamanan ini dilakukan untuk memastikan setiap tahapan Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan lancar, dan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Tidak hanya itu, sebelum malaksanakan tugas pengamanan, para personel sudah diingatkan tentang Pelaporan SOT agar setiap perkembangan pimpinan bisa memonitor langsung dan juga pentingnya menjaga netralitas dan objektivitas dalam menjalankan tugas serta menjaga keamanan ketertiban masyarakat.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment