Polda Bali Siapkan Skenario Antisipasi Macet di Jalur Menuju Pelabuhan Gilimanuk

18 April 2023 - 11:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Bali. Polda Bali menyiapkan skenario khsus untuk mengantisipasi potensi kemacetan di jalur menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali, selama arus mudik lebaran.

Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra pun telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk membahas skenario ini. Misalnya skenario di situasi normal, padat, dan sangat padat.

"Apalagi, Pelabuhan Gilimanuk menjadi fokus perhatian karena jumlah pemudik yang melakukan perjalanan mayoritas menggunakan jasa angkatan laut menuju wilayah Jawa," ujar Irjen Pol. Putu Jayan Danu, Senin (17/4/2023).

Baca Juga:  Bareskrim Tetapkan Dito Mahendra Tersangka

Untuk itu, kata Irjen Pol. Putu Jayan Danu, Polda Bali telah menyiagakan kantong-kantong parkir, rekayasa lalu lintas, hingga pembatasan operasional kendaraan angkutan barang tertentu.

Meski begitu, Irjen Pol. Putu Jayan Danu tidak bisa merinci secara pasti daya tampung kantong parkir itu. Ia menyatakan, daya tampung di Pelabuhan Gilimanuk bersifat situasional/

"Karena di sana nantinya ada pergerakan kendaraan-kendaraan yang datang tidak pada saat bersamaan. Untuk mengurangi kemacetan, Polda Bali menyiapkan empat jalur di luar jalur utama menuju pelabuhan," tutur Irjen Pol. Putu Jayan Danu.

Selain itu, Polda Bali dan otoritas pelabuhan juga telah menyiapkan skenario apabila ada tambahan angkutan dan peningkatan pemudik. Setidaknya, ada 35 kapal yang telah disiapkan untuk penyeberangan selama mudik ini. 

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment