Pengamanan KTT Asean ke-42, Sebanyak 12 Ekor Anjing Pelacak K9 Ditpolsatwa Korps Sabhara Disiagakan di Labuan Bajo

9 May 2023 - 17:30 WIB
Dok. Bidhumas Polda NTT

Tribratanews.polri.go.id - Labuan Bajo. Direktorat Satwa Korps Sabhara Baharkam Polri melakukan sterilisasi dalam rangka pengamanan KTT Asean ke-42 di lokasi-lokasi pelaksanaan menggunakan anjing Pelacak K9.

"Kegiatan kami adalah mendeteksi semua kegiatan atau ancaman yang berbau bahan peledak. Kita sterilisasi menggunakan K9 Ditpolsatwa Korps Sabahara", jelas Ps. Pamin Den K9 Aiptu Totok Setyono, Senin (8/5/23).

Baca Juga:  Polisi Berhasil Menangkap 12 Pelaku Curanmor di Jakarta Barat

Ps. Pamin Den K9 mengatakan, pihaknya melaksanakan sterilisasi bersama dengan Tim Jibom Gegana Brimob Polri dan Paspampres. Sementara obyek yang menjadi sasaran pemeriksaan atau sterilisasi dari K9 adalah venue-venue pelaksanan KTT Asean, Hotel maupun Bandara.

"Kami yang terlibat sebagai tim deteksi yang tergabung di dalam Satgas Preventif Operasi Komodo 2023, kemudian bergabung dengan unit Jibom Gegana dan dari Paspampres. Kegiatan yang kami lakukan adalah melaksanakan pemeriksaan di seluruh area yang menjadi objek atau venue yang dijadikan sebagai tempat kegiatan KTT Asean ke-42. Termasuk di hotel-hotel, bandara atau di tempat-tempat lain yang digunakan dalam kegiatan ini", jelas Ps. Pamin Den K9.

Ps. Pamin Den K9 menambahkan, bahwa untuk mendukung pengamanan kegiatan KTT Asean di Labuan Bajo, Direktorat Satwa Korps Sabhara membawa sebanyak 12 ekor anjing pelacak K9 dan didukung oleh 35 personel pawang.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment