Pemprov Bali Minta Masyarakat Tak Terbangkan Drone selama KTT AIS 2023

10 October 2023 - 14:00 WIB
Foto: Kompas

Tribratanews.polri.go.id - Denpasar. Pemerintah Provinsi Bali mengimbau masyarakatnya untuk tidak menerbangkan pesawat nirawak atau drone selama masa persiapan maupun saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Islands States (AIS) Forum 2023.

Sekretaris Daerah Pemprov Bali Made Indra menegaskan, larangan itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penyelenggaraan agenda internasional tersebut. 

Imbauan itu tertuang dalam surat edaran bernomor B.23.338/14322/V/DISNAKER ESDM tentang Tidak Bermain Layang-Layang Pada Periode Tanggal 4 Oktober Sampai Dengan 18 Oktober 2023 di Provinsi Bali.

Baca Juga: Satgas Gakkum Pastikan Tak Ada Gangguan Selama AIS Forum

"Soal keamanan penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023, Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) pun sudah menggelar Operasi Tribata Agung 2023. Nah, imbauan larangan menerbangkan drone sudah diatur dalam operasi itu," ujar Sekda Pemprov Bali, Selasa (10/10/23).

Ia menuturkan, antisipasi dan mitigasi keamanan dalam operasi yang dilakukan Polri itu akan dikerjakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Tindak. Satgas tersebut bertugas menangani berbagai potensi gangguan seperti konflik sosial, terorisme, atau kejahatan yang menggunakan senjata api, bahan peledak, bom, hingga drone.

Sekda Pemprov Bali menyebut, larangan menerbangkan drone juga sama dengan larangan tidak menerbangkan layang-layang. Karena memang kegiatan tersebut selalu menjadi aktivitas masyarakat di Bali.

"Sejalan dengan Operasi Polri itu, maka demi jaminan keamanan, ketertiban dan kelancaran selama KTT AIS Forum. Kami imbau agar masyarakat juga tidak menerbangkan drone atau pesawat nirawak di area venue sekitar Nusa Dua," jelasnya.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment