Pastikan Keamanan Kepulangan Delegasi KTT AIS Forum 2023, Polairud Maksimalkan Patroli Perairan di Banyuwangi

12 October 2023 - 18:30 WIB
Foto: Dok. Polda Jatim

Tribratanews.polri.go.id -  KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, pada 10-11 Oktober 2023 telah selesai.

Polresta Banyuwangi  memastikan pengamanan kepulangan para delegasi KTT AIS Forum 2023 dengan melakukan pemantauan dan patroli Alur Pelayaran Perairan Selat Bali.

Patroli laut dilaksanakan di sepanjang perairan Pulau Tabuhan, Watudodol, Ketapang, Blimbingsari, Muncar dan Grajagan Banyuwangi.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kepulangan delegasi KTT AIS Forum 2023 aman juga untuk mengantisipasi Terorisme, ilegal fishing, penyelundupan barang-barang ilegal dan terlarang dari luar yang menggunakan jalur laut.

Baca Juga:  Beri Rasa Aman Delegasi KTT AIS Forum 2023, TNI-Polri Perketat Pengamanan di ITDC Nusa Dua

“KTT AIS Forum 2023 di Bali sudah selesai dan berjalan aman lancar, namun Peningkatan patroli tetap kami laksanakan untuk memastikan kepulangan para delegasi tetap aman,” ujar Kasatpolairud Kompol Mashur Ade, Kamis (12/10/23).

Kasatpolairud Kompol Mashur Ade mengatakan dalam kegiatan tersebut personil Polairud juga memberikan himbauan kepada para nelayan dan pemilik kapal tetap menjaga lingkungan laut dan ekosistem serta tidak melakukan pencarian ikan dengan cara mengebom ataupun dengan racun yang akan berdampak pada kerusakan ekosistem laut.

“Kami terus mensosialisasikan kepada warga yang tinggal di kawasan pantai untuk melapor kepada pihak berwajib jika mendapati orang tidak dikenal dengan gerak-gerik yang mencurigakan,” jelas Kasatpolairud Banyuwangi.

Kegiatan patroli laut dan pesisir mulai jelang pelaksanaan KTT AIS di Bali hingga selesainya, berjalan aman, dan obyek vital nasional CH (Cable Head) Ketapang dan SKLT (Saluran Kabel Laut Tegangan Tinggi) Jawa- Bali dalam rangka pengamanan KTT AIS 2023 di Bali juga tidak ada gangguan.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment