Pastikan Keamanan Jelang Nataru, Kapolda Sumut Cek Simulasi Alih Arus Tol Tebing Tinggi - Indrapura dan Tol Sinaksak - Dolok Merawan

22 December 2022 - 12:31 WIB
Foto : baranewssumut

Tribratanews.polri.go.id - Tebingtinggi. Kepala Kepolisian Sumatera Utara, Irjen. Pol. Drs. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, M.Si., meninjau langsung Pos Terpadu Gate Tol Tebingtinggi dalam persiapan Operasi Lilin Toba 2022 menjalang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Selasa (20/12/2022).

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sumut mengatakan jalur pintu keluar dari Tol Tebingtinggi dibuat jalur pengurai yakni keluar dari pintu Tol Sei Rampah. Kemudian akan ditempatkan personel diseluruh titik-titik rawan terjadinya kemacetan.

Baca Juga : Kapolda Jambi Pimpin Upacara Hari Ibu ke-94 Tahun 2022

"Personel harus mengarahkan seluruh kendaraan kemana arah jalur keluar masuk. Buatkan tempat petunjuk arah agar pengemudi mengetahui kemana arah menuju ke Siantar dan Indrapura," jelas Kapolda Sumut dikutip tribunnews.com, Selasa (20/12/22).

Mantan Kapolda Sulawesi Utara ini mengungkapkan, Polda Sumut bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral dalam pengamanan selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Dalam rapat koordinasi yang digelar Polda Sumut memfokuskan pengamanan jalur arus mudik serta menempatkan personel di gereja untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas dan melaksanakan Ops Lilin Toba 2022.

"Sumatera Utara menjadi provinsi prioritas. Khususnya fokus pengamanan jalur mudik masyarakat mulai dari Labuhanbatu Selatan hingga perbatasan dengan Riau. Kemudian jalur lintas menuju objek wisata mulai dari Tebingtinggi. Pematangsiantar, Parapat, Toba. Samosir, Tapanuli Utara dan Medan, Karo, menjadi prioritas pengamanan," terang Jenderal Bintang Dua tersebut.

Kapolda menerangkan bahwa untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan pada saat Nataru, Polda Sumut memanfaatkan jalur Tol Tebingtinggi - Indrapura dan Tebing Tinggi-Siantar yang menjelang Nataru sudah bisa dilalui kendaraan untuk mengatasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas.

"Saya minta kepada Kapolres Tebingtinggi, Batubara, Sergai untuk berkoordinasi dengan stakeholder tentang rambu lalu lintas, untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat sesuai tujuannya," tutup Mantan Direktur Penyidikan KPK tersebut. 

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment