Operasi Keselamatan Intan, Polda Kalsel Sasar Pelanggaran "Kasat Mata"

7 February 2023 - 16:40 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Banjarmasin. Ditlantas Polda Kalsel bidik pelanggaran yang terlihat langsung secara kasat mata selama Operasi Keselamatan Intan 2023 mulai 7-20 Februari 2023.

"Sasaran tersebut yakni tidak menggunakan helm, ugal-ugalan atau balap liar, melawan arah dan potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan dan fatalitas kecelakaan," ujar Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Pol. Maesa Soegriwo dikutip dari Antaranews.com, Senin (6/2/23).

Baca juga : Pelanggaran dan Kecelakaan Lalu Lintas Jateng Meningkat

Dirlantas menyebutkan dalam penindakan tilang secara umum, tetap mengedepankan tilang elektronik dengan E-TLE baik statis maupun mobile.

Sebagai informasi, saat ini Polda Kalsel telah memiliki E-TLE statis di tiga lokasi lampu lalu lintas di Banjarmasin serta tiga lokasi lainnya yang dioperasikan Satlantas Polresta Banjarmasin.

E-TLE Mobile Handheld untuk tilang elektronik yang bekerja mengandalkan tenaga petugas untuk merekam pelanggaran, terdapat delapan unit yang sudah tersebar, dua unit di Polresta Banjarmasin dan Polres Barito Kuala, satu unit untuk Polres Banjarbaru dan Polres Banjar serta dua unit dioperasikan Ditlantas Polda Kalsel.

Kombes Pol. Maesa menjelaskan untuk aksi di lapangan selama Operasi Keselamatan tahun ini, Polantas lebih banyak melakukan penindakan edukatif, preventif, dan juga persuasif. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas yang pada akhirnya diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan hingga fatalitas korban laka lantas.

"Ayo kita ciptakan Kalimantan Selatan sebagai daerah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," ajak Dirlantas Polda Kalsel.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment