Korlantas Polri Masih Perlu Penambahan Ribuan Kamera E-TLE Untuk Penindakan Lalu Lintas

6 July 2023 - 17:31 WIB
Foto: PMJNews

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri, Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si., menjelaskan pihaknya telah memiliki 433 kamera statis dan ratusan kamera lain untuk penegakan hukum lalu lintas elektronik (ETLE).

"Sampai hari ini jumlah kamera ETLE adalah 433 untuk yang statis, lima untuk weight in motion atau untuk penimbangan yang bersifat mobile, kemudian 806 mobile handheld, dan 65 mobile on-board,”  ungkap Kakorlantas dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan seperti dikutip dari PMJNews, Rabu (5/7/23).

Meski demikian, Irjen Pol. Firman mengatakan bahwa Polri masih memerlukan lebih banyak kamera ETLE. Diantaranya 3.465 kamera statis dan 1.472 kamera weight in motion. Sedangkan yang dibutuhkan Polri data masih cukup jauh. Selain itu, Korlantas masih memerlukan 39.691 kamera mobile handheld, 1.261 kamera mobile on-board, serta 737 kamera jenis portabel untuk ETLE.

Baca Juga:  Amankan Pelaku Pembakaran Istri dan Anak di Jaktim, Polisi: Akan Dijerat Pasal Berlapis

Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi menambahkan bahwa pihaknya juga terus meningkatkan kemampuan ETLE yang difungsikan sebagai sistem penegakan hukum dalam berlalu lintas berbasis teknologi informasi, misalnya agar dapat mengenali pelat nomor kendaraan.

“Kami mengadakan tur kepada bapak-bapak dan ibu para pimpinan daerah di wilayah, dengan mengingatkan potensi peningkatan pajak kendaraan bermotor di wilayahnya masing-masing, karena ternyata potensinya ini sampai triliunan,”  tambahnya.

Eks Kapolda Jambi itu juga berharap adanya dukungan anggaran, seperti hibah, diturunkan ke Korlantas maupun ke Polda untuk tambahan penyediaan kamera ETLE.

(as/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment