Kapolda Sumut Pastikan Tim Trauma Center F1 Powerboat Siap Bantu Penanganan Medis

21 February 2023 - 12:20 WIB
pmjnews

Tribratanews.polri.go.id - Balige. Berbagai sarana prasarana terus dipersiapkan dalam kegiatan F1 Powerboat di Kota Balige, Kabupaten Toba seperti lokasi Trauma Center yang diisi sebanyak 70 tim dokter spesialis gabungan dari Kemenkes RI dan RSUP H Adam Malik untuk ditugaskan membantu penanganan medis selama kegiatan F1 Powerboat.

"Tujuan adanya lokasi Trauma Center apabila terjadi kecelakaan terhadap atlet F1 Powerboat saat menjalani pertandingan bisa secara cepat diberikan pertolongan," jelas Kapolda Sumut Irjen. Pol. Drs. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, M.Si., dilansir dari laman antaranews, Senin (20/2/23).

Baca juga : Polemik Rumah Ibadah, Polresta Bandar Lampung: Kami Jamin Kebebasan Warga Beribadah

Keberadaan Trauma Center F1 Powerboat terbagi dua yakni, Track Medical Service (di bawah kendali MCO) dan Public Medical Service di bawah kendali Dinkes Toba dan Biddokkes Polda Sumut. Disiapkan juga tempat Instalasi Gawat Darurat (IGD) emergensi, mobil operasi lapangan, tiga unit ambulance dan dua helikopter yang disiagakan untuk membantu penanganan medis.

“Jika atlet mengalamai kecelakaan di air atau memerlukan penanganan lebih lanjut akan di rujuk menggunakan helikopter evakuasi yang standby di Kantor Bupati Toba ke RSUP H Adam Malik," ungkap Kapolda Kapolda.

Irjen. Pol. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak menambahkan untuk hasil pengecekan yang dilakukan bersama Injourney, lokasi Trauma Center sudah siap memberikan bantuan penanganan medis apabila ada atlet F1 Powerboat yang cidera.

(bg/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment