Kapolda Sulbar Berharap Bhabinkamtibmas Bisa Menjaga Stabilitas Serta Merespon Harapan Masyarakat

1 February 2024 - 13:00 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Sulawesi Barat. Polda Sulawesi Barat gelar Rapat Koordinasi Bhabinkamtibmas dengan tema "Bhabinkamtibmas Polda Sulbar Presisi siap mengawal, mengamankan dan sukseskan Pemilu Damai Tahun 2024" yang di harapkan Bhabinkamtibmas di seluruh jajaran Polda mampu menjaga stabilitas kamtibmas dan merespon harapan masyarakat, Rabu (31/1/24).

Kapolda Sulbar, Irjen. Pol. Drs. R. Adang Ginanjar S., M.M., mengatakan bahwa Sesuai dengan perkap no 7 tahun 2021 tentang bhabinkamtibmas memiliki peran dalam menjaga kamtibmas dilingkungan masyarakat, serta sebagai pembina, motivator, sebagai pusat informasi bagi masyarakat di desa/kelurahan, Bhabinkamtibmas juga dapat menjadi konsultan hukum dalam rangka penegakan hukum yang berkeadilan (Restorasi Justice) sehingga masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat dapat dipecahkan/dicarikan solusinya (problem solving).

Baca Juga: Polda Metro Jaya Periksa Kejiwaan Seorang Tersangka Kasus Pornografi

"Saat ini kita sedang berada di masa pesta demokrasi pemilu tahun 2024, untuk itu diharapkan kepada para bhabinkamtibmas dapat menciptakan rasa aman di wilayah tempat tugasnya dan bersikap profesionalisme serta mengedepankan netralitas sehingga kehadiran bhabinkamtibmas dapat menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat," jelas Irjen. Pol. Drs. R. Adang Ginanjar.

Irjen. Pol. Drs. R. Adang Ginanjar menambahkan bahwa tahun 2024 merupakan tahun politik di mana peran personil bhabinkamtibmas sangat diharapkan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat dapat melaksanakan pesta demokrasi secara aman dan kita dapat menghindari konflik yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Irjen. Pol. Drs. R. Adang Ginanjar juga berharap dapat personil bhabinkamtibmas memiliki wawasan pengetahuan tambahan agar dapat memberikan motivasi, mendorong warga masyarakat di wilayah penugasannya untuk terus mendukung program-program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, bidang kesehatan dan ketenagakerjaan agar masyarakat memiliki pemahaman dan merubah pola pikir sehingga menjadi lebih baik pada masa mendatang.

Kapolda Sulbar juga menegaskan bahwa selain kegiatan silahturahmi yang aktif dilakukan Bhabinkamtibmas juga harus on time dalam menerima permasalah warga dan selalu melaksanakan patroli rutin agar masyarakat merasa nyaman aman dengan terlihatnya Polisi Bhabinkamtibmas yang hadir ditengah tengah warga setiap saat.

"Bhabinkamtibmas harus dapat memberikan kedekatan serta wujud kemitraan yang real kepada warga masyarakat dengan kepolisian dalam menjaga kamtibmas khususnya di puncak Pemilu 2024," tutup Kapolda Sulbar.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment