Kapolda Lampung Apresiasi Respon Cepat Bawaslu dan KPU Tindak Lanjuti Surat Tercoblos

16 February 2024 - 09:30 WIB
antara news lampung

Tribratanews.polri.go.id - Bandar Lampung. Kepala Kepolisian Daerah Lampung Irjen. Pol. Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si. mengapresiasi Bawaslu dan KPU atas tindakan menghentikan pencoblosan sementara lantaran laporan surat suara yang sudah tercoblos lebih dahulu.

Langkah Bawaslu serta KPU dan Sentra Gakumdu yang langsung mengambil tindakan hentikan proses pemungutan suara segera setelah diketahui adanya peristiwa surat suara yang sudah tercoblos di TPS 19 Kelurahan Way Kandis adalah langkah yang tepat.

Kapolda Lampung, Irjen. Pol. Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si. mengharapkan masyarakat menggunakan jalur-jalur resmi yang telah disediakan oleh pemerintah bila tidak puas atau tidak terima dengan hasil pemungutan suara Pemilu 2024.

"Harapan kita semua, keberatan atas hasil pemilu dilakukan menggunakan proses hukum yang benar, karena ada Bawaslu, KPU hingga MK," jelasnya, Kamis (15/2/2024).

Baca Juga: Forkopimda Maros Hadir Pantau Pemilu di Kecamatan Lau

Menurut Kapolda Lampung, KPU, Bawaslu dan MK adalah lembaga atau institusi yang didirikan pemerintah menyelenggarakan pemilu dan menyelesaikan sengketanya.

Irjen. Pol. Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si. menambahkan bila ada protes terkait hasil pemungutan suara yang tidak puas oleh kelompok maupun masyarakat dalam pesta demokrasi ini dapat disalurkan dengan berjenjang dari tingkat yang paling bawah yakni pengawas kecamatan.

"Ini tentunya himbauan kami untuk gunakan jalur-jalur yang ada. Disini masih ada KPU, Bawaslu dan Gakumdu, biarkan pihak mereka yang bekerja secara optimal," jelasnya.

Selain itu, terkait pemilihan suara ulang di lokasi TPS yang banyak suara tercoblos, Polda Lampung sudah melakukan antisipasi berupa persiapan personel, sarana-prasarana, serta langkah-langkah pengamanan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

"TNI-Polri tentunya harus siap mengamankan masyarakat sehingga hal-hal yang akan terjadi. Pengalaman Pemilu 2019 itu kita minimalisir di Tahun 2024 ini," tutup Kapolda Lampung.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment