Kapolda Kaltim Cek Pos Pengamanan Ops Ketupat Mahakam 2024

9 April 2024 - 22:30 WIB
rri

Tribratanews.polri.go.id - Samarinda. Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si bersama Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo melakukan pengecekan Pos Pengamanan di wilayah Polresta Samarinda dan Kodim 0901/Samarinda, Senin 8 April 2024.

Pengecekan ini dalam rangka memastikan kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Mahakam 2024.

Kapolda Kaltim dan Pangdam mengecek langsung kesiapan anggotanya di 3 Pos Pengamanan, yaitu Pos Terminal Samarinda Seberang, Pos Pelayanan Odah Etam Kantor Gubernur, dan Pos Pelabuhan Samarinda.

Sebagai penanggung jawab teritorial wilayah Kota Samarinda, Kodim 0901/Samarinda siap mendukung Polresta Samarinda dalam pengamanan Operasi Ketupat Mahakam Tahun 2024.

Di sela peninjauan Pos Lebaran, Kapolda Kaltim berserta Pangdam VI/Mulawarman memberikan bingkisan Lebaran kepada personel pengamanan yang bertugas.

Baca Juga: Saudi Super Cup, Ronaldo Kartu Merah, Al Nassar Kalah 1-2 dari Al Hilal

Bingkisan ini merupakan bentuk penghargaan bagi personel yang menjalankan tugas pengamanan Lebaran dan rela meninggalkan keluarga mereka demi keamanan dan kelancaran Lebaran 1445 H Tahun 2024.

Kapolda Kaltim menyampaikan, personil TNI/Polri harus siap untuk menjaga keamanan dan kelancaran para pemudik, baik perlengkapan Pos Pengamanan seperti panel data, buku mutasi, dan buku kejadian.

“Berikan penjelasan secara jelas kepada setiap personil akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab selama pelaksanaan Operasi Ketupat, terutama bagaimana mengantisipasi ancaman kepada personil yang melaksanakan tugas jaga di Pos Pengamanan. Kemudian bilamana dimungkinkan rekayasa lalu lintas, lakukan rekayasa lalu lintas dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Kapolda Kaltim juga mengimbau agar masyarakat yang hendak mudik memastikan kondisi kesehatannya prima, kendaraan dalam kondisi layak digunakan, tidak membawa beban yang berlebihan, dan mematuhi peraturan tata tertib berlalu lintas.

Operasi Ketupat Mahakam 2024 merupakan operasi gabungan TNI/Polri dalam mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 1445 H di wilayah Kalimantan Timur.

Pengecekan terhadap kesiapan Pos Pengamanan menjadi sangat penting untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama operasi berlangsung.

Dengan kerjasama yang solid antara TNI dan Polri serta dukungan masyarakat, diharapkan Operasi Ketupat Mahakam 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.

Masyarakat juga diimbau untuk mematuhi peraturan dan himbauan dari pihak berwenang demi terciptanya suasana Lebaran yang aman dan nyaman.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment