Kapolda Jatim Cek Kesiapan Ops Lilin Semeru dan Jalur Pantura Surabaya – Banyuwangi

18 December 2023 - 19:30 WIB
Dok. Polda Jatim

Tribratanews.polri.go.id - Surabaya. Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., bersama Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, melaksanakan patroli jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda dua. Jalur darat yang disisir oleh rombongan yaitu sepanjang jalur Pantai utara (Pantura) dari Surabaya menuju Banyuwangi.
 
Kabid Humas Polda Jatim Kombes. Pol. Dirmanto, S.H., S.I.K., mengatakan patroli bermotor dengan jarak yang cukup jauh tersebut untuk memastikan situasi dan kondisi di lapangan jelang libur Natal 2023 dan tahun baru (Nataru) 2024. Dilakukannya pengecekan di pos pantau tersebut, yang nantinya akan dilakukan penjagaan selama Operasi Lilin Semeru 2023.
 
“Untuk pengamanan Nataru ini, Polda Jatim menggelar operasi kemanusiaan dengan sandi Operasi Lilin Semeru dalam rangka menjamin keamanan dan kenyamanan Masyarakat yang mengisi kegiatan liburan akhir tahun maupun yang merayakan ibadah Natal bagi umat yang merayakan,” jelas Kabid Humas, Senin (18/12/23).
Baca Juga: Jelang Perayaan Nataru, Polda Kaltim Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Mahakam 2023

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., menyampaikan, jalur pantura Surabaya – Banyuwangi lancar, jembatan di Banyuwangi yang diperkirakan masih dalam tahap Pembangunan juga sudah selesai bisa di lalui.

“Tujuan patroli bermotor ini untuk memastikan jalur sepanjang dari Surabaya ke Banyuwangi ini sudah siap memasuki tahap pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2023 menjelang libur Nataru. Inshaa Allah nanti akan kita gelar mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024, semuanya itu kita fokuskan dalam rangka untuk mengamankan Natal sekaligus untuk mengamankan masyarakat yang akan melakukan perjalanan dalam rangka liburan tahun baru,” jelas Kapolda.
 
Kapolda juga menjelaskan total kurang lebih ada 16 juta lebih jumlah manusia yang akan melakukan perpindahan ke Jawa Timur. Oleh karena itu, perlunya antisipasi kesiapan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) penyeberangan ke Pulau Bali.
 
“Alhamdulillah penjelasan dari General Manager, puncak pergerakan itu akan dimulai tanggal 22 Desember, 3 hari jelang Natal, sama tanggal 26 nanti sampai menjelang tahun baru tanggal 29 Desember,” ungkap Kapolda.

 (bg/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment