Kapolda Jambi Bersilaturahmi Ke Rumah Ketua LAM

6 December 2022 - 15:49 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jambi. Kapolda Jambi Irjen. Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si., bersilaturahmi ke rumah Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi, sekaligus anggota DPR RI Komisi VIII, Drs. H. Hasan Basri Agus (HBA) M.M., di Kecamatan Alam Barajo, Selasa (6/12/22).

Baca juga : Tahapan Pemilu 2024 Mulai Berjalan, Polda Kaltara Tingkatkan Pengamanan

HBA mengatakan, dahulu di Provinsi Jambi hukum adatnya berjalan dengan baik. Sehingga banyak permasalahan yang telah diselesaikan dengan hukum adat. Seperti kalau ada yang tertangkap berbuat zinah diselesaikan dengan cuci kampung.

"Saat ini kami dari LAM Provinsi Jambi mulai mencoba untuk kembali menghidupkan hukum adat agar penyelesaian permasalahan kecil dapat diselesaikan dengan hukum adat," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut HBA, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat di Provinsi Jambi terkait penyelesaian melalui hukum adat.

Sementara itu, Irjen Pol Rusdi Hartono menambahkan, Restorative Justice sangat bagus karena penyelesaian permasalahan bukan hanya melalui KUHP. Salah satunya Restorative Justice dan juga penyelesaian melalui adat.

“Kami juga memohon dukungan dari HBA agar bisa berkolaborasi untuk menciptakan situasi yang aman di Provinsi Jambi,” tegas Kapolda Jambi.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment