Kakorlantas Lanjutkan Survei Kesiapan Pengamanan Jalur Mudik 2024

27 January 2024 - 08:00 WIB
Dokumentasi Korlantas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Solo. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan kembali melanjutkan survei kesiapan pengamanan Operasi Ketupat Libur Idul Fitri Tahun 2024. Kali ini peninjauan dilakukan di Tol Fungsional Solo-Yogya, tepatnya di GT Colomadu.

"Hari ini kita melakukan pengecekan survei di jalur tol fungsional yang artinya akan difungsionalkan pada musim Libur Lebaran 2024," ujar Kakorlantas.

Menurut Kakorlantas, Tol Fungsional Solo-Yogya sudah mamakai dua jalur sampai KM 13. Sedangkan di KM 13 hingga KM 23 menjadi satu jalur. 

Baca Juga: Ditpolairud Polda Kaltara Amankan Kapal Bermuatan 4 Juta Batang Rokok Ilegal

"Mudah-mudahan pada saat menjelang lebaran ini konstruksi jalannya sudah seperti yang ada sekarang ini artinya sudah finish untuk konstruksinya sehingga bisa dilalui oleh kendaraan Golongan 1," ujar Kakorlantas.

Dengan dibukanya Tol Fungsional Solo-Yogyakarta sampai dengan KM 23, diharapkan dapat mengurangi beban ataupun volume arus lalu lintas.

Kakorlantas mengakui, jalur Solo ke Klaten, terutama di trouble spot Kertosuro dan Delanggu Kota Klaten sudah selesai. Sehingga, masyarakat yang mudik dari Jakarta ke Yogyakarta nantinya akan lebih cepat.

Setelah melakukan pengecekan jalur, Kakorlantas Polri memberikan arahan di Ditlantas Polda DIY. Dalam arahannya, Kakorlantas mengatakan, sebagai pembina fungsi teknis polisi lalu lintas memiliki tanggung jawab, baik sebagai pimpinan fungsi teknis, moral dan struktural.

Lebih lanjut ditekankan, apabila pengelolaan dilakukan dengan baik, tentu akan membawakan hasil. Dari segi keselamatan berlalu lintas, ujar Kakorlantas, indikator turunnya jumlah angka kecelakaan dan tingkat fatalitas yang menurun.

(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment