Jelang Pemilu 2024, Polda Bengkulu Gelar Simulasi Sistem Pengamanan

27 September 2023 - 10:00 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Bengkulu. Hadapi kontinjensi dan antisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah Bengkulu, Polda Bengkulu menggelar pelatihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) guna mematangkan kesiapan personel jika suatu saat terjadi tindakan anarkis atau konflik sosial yang menimbulkan kerusuhan dalam rangka pengamanan pemilihan presiden (Pilpres), pemilihan gubernur (Pilgub), pemilihan Wali Kota (Pilwakot) dan pemilihan anggota legislatif (Pileg) pada 2024.  

"Berdasarkan evaluasi dan analisa terhadap gangguan kamtibmas yang berlatar belakang konflik sosial di Kota Bengkulu dalam beberapa tahun terakhir landai dan Kondusif. Namun kesiapan personil kepolisian dan pemangku kepentingan harus tetap maksimal, oleh sebab itulah untuk mengantisipasi hal tersebut kita gelar Sispamkota," jelas Wakapolda Bengkulu Brigjen. Pol. Drs. Agus Salim, dilansir dari laman antaranews, Selasa (26/9/23).
Baca Juga: Manchester United Menghajar Crystal Palace dengan Skor 3-0

Brigjen. Pol. Drs. Agus Salim menyebutkan, dengan adanya simulasi sistem pengamanan Kota tersebut dapat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas Polri khususnya di jajaran Polda Bengkulu. Sebab, para anggota Kepolisian dapat mengikuti kegiatan simulasi dengan sangat sungguh-sungguh sehingga dapat memahami dan mengimplementasikan pada pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024.  

“Pada simulasi sispam kota tersebut, menunjukkan beberapa adegan pengamanan seperti penjagaan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) jika ada terjadi kericuhan. Melakukan pengawalan terhadap VVIP, melakukan pengamanan jika terjadi aksi demo baik dari pasangan calon ataupun dari masyarakat,” ungkapnya. 

“Kemudian melaksanakan simulasi dalam penjinakan bom (Jibom) yang dilakukan tim Gagana Polda Bengkulu, simulasi penangkapan dan pengejaran oleh anggota ketika ada beberapa orang yang berusaha menyandera pemilik toko imbas dari penjarahan akibat kericuhan,” tambahnya.
 
(bg/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment