Jadi Pemateri Apel Kasatwil, Kapolda Papua : Siapkan Pola Pengamanan Mantap Brata Cartenz 2023-2024

4 November 2023 - 17:30 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., menjadi pemateri di kegiatan Apel Kasatwil Tahun 2023, yang bertempat di Grand Ballroom The Ritz Carlton Jakarta Jalan Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Nomor 1 Mega Kuningan Kecamatan Setiabudi Kota, Jumat (3/11/23).

Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Kepemimpinan Polri yang Presisi guna mewujudkan Tahapan Pemilu dan Agenda Nasional 2024 dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju” Kapolda Papua dalam Kesempatannya mengatakan di Polda Papua, kasus menonjol yang cukup meningkat bila dibandingkan dengan wilayah lain, di tanah Papua adalah kasus kekerasan bersenjata yang hampir semua terjadi di Papua.

Baca Juga: Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Menkes Akan Perluas Peran Bidan Hingga ke Desa


“Jumlah gangguan Kamtibmas yang terjadi pada Januari-September 2022 sebanyak 7.061 kejadian kejahatan, yang mengalami kenaikan sebesar 131.36% dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Kapolda Papua.

Kapolda mengatakan Papua Pegunungan memiliki 6 (enam) titik, mulai dari Puncak Jaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Wamena, dan Tolikara harus diwaspadai oleh anggota dalam penyelenggara maupun ketika melakukan pengamanan.

Polda Papua melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat “Mantap Brata Cartenz 2023-2024” yang dilaksanakan Polda dan Polres yang didukung oleh TNI, Instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya dalam rangka pengamanan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2023-2024 selama 222 hari TMT 19 Oktober 2023 sampai dengan 21 Oktober 2024.

Kapolda Papua menyampaikan hal lain yang sudah dilakukan juga berupa penyamaan pola pikir dan pola tindak dalam penyelenggaraan Pemilu, menyamakan persepsi dalam menghadapi setiap permasalahan pemilu, dan mendapat masukan tentang kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment