Cegah Tindak Kejahatan di Perairan, Ditpolairud Polda Gorontalo Gelar Patroli Laut Di Wilayah Perairan Teluk Tomini

16 July 2024 - 12:42 WIB
Humas Polda Gorontalo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Dalam upaya menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah perairan di Aceh, Ditpolairud Polda Gorontalo terus mengintensifkan patroli laut di wilayahnya. Senin (15/7/24).

Provinsi Gorontalo yang memiliki garis pantai yang panjang dan akses langsung ke laut, rentan terhadap berbagai ancaman seperti illegal fishing, penyelundupan, perdagangan manusia, dan pencemaran lingkungan.

Maka karena itu, Ditpolairud Polda Gorontalo sangat penting untuk melakukan patroli laut karena untuk memastikan bahwa wilayah perairan Gorontalo tetap aman dan terjaga dari aktivitas ilegal.

Dirpolairud Polda Gorontalo, Kombes Pol. Saiful Alam, S.I.K., menyampaikan bahwa patroli laut yang dilakukan oleh Personel Dit Pol Airud ini melibatkan penggunaan berbagai sarana dan prasarana, termasuk kapal patroli cepat yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Patroli ini dilakukan secara rutin, baik siang maupun malam hari, untuk memastikan pengawasan yang ketat dan menyeluruh.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4.9 Guncang Wilayah Seluma, Bengkulu

”Dalam pelaksanaannya, patroli laut Dit Pol Airud tidak hanya fokus pada penindakan, tetapi juga pada upaya pencegahan. Sosialisasi kepada masyarakat pesisir tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketaatan terhadap hukum yang menjadi bagian dari kegiatan patroli. Taka hanya itu masyarakat diajak untuk turut serta melaporkan aktivitas mencurigakan yang di temui di perairan,” ungkap Kombes Pol. Saiful Alam

Dirpolairud Polda Gorontalo menyampaikan bahwa dalam Patroli ini, Dit Pol Airud Polda Gorontalo juga bekerja sama dengan berbagai instansi terkait seperti TNI AL, badan keamanan laut dan dinas kelautan dan perikanan. Tentunya kerjasama ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengawasan dan penegakan hukum di perairan, serta memastikan bahwa operasi patroli berjalan dengan efektif dan efisien.

” Patroli laut yang intensif telah memberikan dampak positif terhadap keamanan perairan di Gorontalo. Beberapa kasus penyelundupan dan illegal fishing berhasil diungkap dan ditindak, yang secara langsung berkontribusi terhadap penurunan angka kejahatan di wilayah tersebut. Selain itu, dengan adanya patroli laut juga meningkatkan rasa aman bagi para nelayan dan masyarakat pesisir, sehingga mereka dapat beraktivitas dengan tenang,” jelas Dirpolairud Polda Gorontalol Alam.


(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment