Bareskrim Polri Turunkan Tim Selidiki Dugaan TPPO Pengungsi Rohingya di Aceh

24 December 2023 - 11:45 WIB
Foto: Ilustrasi Rohingya

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Bareskrim Polri melalui Satgas TPPO menurunkan tim untuk mengusut dugaan jaringan TPPO pada arus kedatangan pengungsi Rohingya ke Indonesia.

Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen. Pol. Djuhandhani Rahardjo Puro, S.H., M.H., menjelaskan bahwa tim Satgas TPPO Polri masih berada di Aceh untuk mengusut dugaan TPPO dalam arus kedatangan pengungsi Rohingya.

"Bareskrim turun, anggota masih di sana melakukan penyelidikan," jelas Dirtipidum Bareskrim Polri itu, Minggu (24/12/23).

Baca Juga: Antisipasi Antrean Panjang, Gerbang Tol Cileunyi Berlakukan Buka Tutup

Jenderal Bintang Satu itu mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan di lapangan, arus kedatangan pengungsi Rohingya ke Indonesia karena penyelundupan orang.

"Tapi, sekarang yang kita dapatkan masih tahap people smuggling, untuk TPPO-nya masih diperdalam," jelasnya lebih lanjut.

Sebelumnya, Polda Aceh menyatakan bahwa pihak Security Camp dan kapten kapal di kamp Cox's Bazar merupakan koordinator utama dari penyelundupan imigran Rohingya. Para pengungsi harus membayar uang sebesar Rp 3-15 juta kepada komplotan penyelundup agar bisa keluar dari kamp Bangladesh itu.

(my/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment