Antisipasi Spekulan Jelang Ramadhan, Ini Langkah yang Disiapkan Pemprov Sumut

12 March 2023 - 17:00 WIB
Pojoksatu

Tribratanews.polri.co.id - Medan. Untuk menjaga stabilitas, Pemprov Sumatera Utara terus memantau dan mewaspadai pergerakkan harga kebutuhan pokok untuk mengantisipasi permainan spekulan jelang Ramadhan 2023.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengatakan, pihaknya sudah menemukan cara untuk mengatasi aksi permainan harga pangan atau spekulan tersebut.

"Makanya ini, sudah ditemukan langkah-langkah antisipasi permainan spekulan oleh Biro Perekonomian," ujar Gubernur Sumut dikutip dari Pojoksatu, Sabtu (11/3/23).

Baca juga : Kapolda NTT Dampingi Kakorlantas Polri Cek Kesiapan Venue Asean Summit 2023 di Labuan Bajo

Menurutnya, spekulan sangat ahli di bidang perekonomian. Beliau menyebutkan para pelaku ini sangat lihai melihat perkembangan ekonomi, terutama dalam kebutuhan pokok.

"Spekulan ini, ahli ekonomi ya. Kalau dia pintar, sepintar saya besok saya tangkap itu. Tapi, dia pintar menghitungnya. Begitu masuk yang berwajib itu diatur sama dia," pungkasnya.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan tersebut juga menjelaskan salah satu pemicu inflasi di Sumatera Utara disebabkan aksi permainan spekulan ini.

"Pemicu inflasi disebabkan sejumlah faktor yakni maraknya aksi premanisme atau pungli, infrastruktur jalan rusak serta aksi spekulan," tuturnya.

Beliau mengungkapkan inflasi Sumut pada bulan Februari tahun 2023 di angka 0,31 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi tahunan atau year on year (yoy) di gabungan 5 kota di Sumut sebesar 5,88 persen, sedangkan pada tahun 2022 Inflasi tahunan Sumut di angka 6,12 persen.

Dalam hal ini, Beliau akan melakukan evaluasi terhadap inflasi yang terjadi di Sumut. Pihaknya optimistis akan mengurangi inflasi yang selama ini dihadapi.

Beliau juga mengatakan dalam waktu dekat akan melakukan rapat khusus bersama forkopimda Sumut dalam rangka menjaga kestabilan bahan pokok menjelang Ramadhan dan Lebaran.

"Ini sangat berpengaruh langsung dengan kehidupan masyarakat kita jelang Ramadhan dan Lebaran," jelasnya.

(sy/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment