Antisipasi Berita Hoax dan Ujaran Kebencian Menjelang Pemilu 2024, Polda Jambi Rutin Patroli Siber

15 October 2023 - 21:08 WIB
metro jambi

Tribratanews.polri.go.id - Jambi. Tim Subdit V Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi rutin melakukan patroli Siber di media Sosial guna meningkatkan eskalasi dan mengantisipasi berita- berita hoax, fitnah menjelang Pemilu 2024 mendatang.

"Kita rasakan eskalasinya meningkat, utamanya di media sosial. Kita rutin melakukan patroli siber, mengantisipasi hal-hal seperti berita bohong dan ujaran kebencian," jelas Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimusus Polda Jambi Kompol Andi Purwanto, S.I.K, pada Minggu (15/10/23).Ia menjelaskan bahwa pihaknya dalam melakukan patroli Siber juga berkoordinasi dengan pihak penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu.
Baca Juga: Francesco Bagnaia Menangi Balapan MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023

"Kita kan mengawasi bukan hanya Pilkada lokal di Jambi, juga Pemilu secara keseluruhan. Kita rasakan eskalasinya meningkat karena Pemilu semakin dekat," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait dugaan tindak pelanggaran Pemilu, khususnya di media sosial dari Provinsi Jambi.

"Nanti kalau memang ada laporan, prosesnya akan dilakukan penyelidikan oleh pihak Gakumdu dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan," tambahnya.

Ia juga menegaskan kepada masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial, terutama menjelang Pemilu, dimana akan sangat banyak informasi yang beredar di internet.

"Agar bijak menanggapi informasi, dan jangan sampai turut serta menyebarkan berita bohong atau ujaran kebencian," tutupnya.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment