Alat Deteksi Dini Bencana di Lokasi KTT ASEAN Dipastikan Prima

10 May 2023 - 09:43 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan sistem peringatan dini gempa bumi dan tsunami di lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) berfungsi dengan baik. Bahkan, dalam uji coba yang dilakukan, sistem tersebut dalam kondisi prima.

"Seluruh peralatan yang dimiliki BMKG sudah kami uji dan tes jelang KTT ASEAN untuk menguji keandalan alat," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam resminya, Rabu (10/5/23). 

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Persatuan Kunci ASEAN dalam Perdamaian dan Pertumbuhan

Menurutnya, penyusuran jalur evakuasi gempa bumi dan tsunami untuk mengidentifikasi zona aman tsunami di seluruh venue KTT ASEAN juga sudah dilakukan. Pengecekan jalur evakuasi juga dilakukan di Kawasan Pantai Marina Labuan Bajo yang notabene menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Labuan Bajo dan tempat bersandarnya kapal pesiar atau yacht.

Ia menjabarkan, sirene peringatan dini gempa bumi dan tsunami terletak di Puncak Waringin, Labuan Bajo.

"Selain sebagai kesiapsiagaan bencana jelang KTT ASEAN, juga untuk mengedukasi masyarakat tentang konsep evakuasi mandiri jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam gempa bumi dan tsunami," jelasnya.

(ay/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment