Ukraina Undang Jokowi ke KTT Crimea, Apa Agendanya?

3 August 2022 - 09:21 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Ukraina undang Presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi Platform Crimea Internasional yang akan berlangsung pada 23 Agustus.

"KTT ini akan berlangsung pada 23 Agustus. Dan telah kami sampaikan undangan resmi kepada Yang Mulia Presiden Indonesia Joko Widodo," kata Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin saat konferensi pers virtual, Selasa (2/8).

Ia kemudian berujar, "Sejauh ini [format acara] online, formatnya sangat mudah. Jadi tak perlu bepergian. Tak ada batasan Covid-19, tak ada protokol yang perlu diterapkan."

Menurut Vasyl, acara tersebut juga menjadi bentuk ekspresi solidaritas terhadap kedaulatan Ukraina. Ia mengatakan akan banyak pemimpin dunia yang hadir dalam acara tersebut. "Tahun ini Ukraina dan rakyatnya lebih membutuhkan dukungan dan solidaritas komunitas internasional," kata Vasyl lagi.

Sebelumnya Platform Crimea Internasional berlangsung pada 23 Agustus 2021 lalu, saat peringatan 30 tahun Ukraina sebelum invasi. Tujuan platform tersebut untuk meningkatkan respons internasional terhadap pendudukan Crimea, mencegah pelanggaran hak asasi manusia, melindungi korban dari pendudukan, dan memastikan kembali Crimea ke tangan Ukraina.

Rusia mencaplok Semenanjung Crimea pada 2014 usai demonstrasi berbulan-bulan imbas Ukraina menghentikan kerja sama dengan Uni Eropa. Demo itu kemudian merambat untuk menggulingkan rezim Viktor Yanukovych.

Moskow kemudian mengklaim Crimea menjadi bagian wilayahnya. Namun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan komunitas internasional menolaknya. Kini, Ukraina berada di bawah gempuran Rusia usai Presiden Vladimir Putin melancarkan invasi pada 24 Februari lalu.

Perang itu mengancam kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas Ukraina. Selain itu juga mengancam perdamaian, stabilitas, dan pembangunan dalam dimensi global.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.650.244

Sembuh

6.429.987

Meninggal

159.676

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 29 November 2022 - 09:00
Sign in to leave a comment