Singapura Luncurkan Kapal Selam Baru Buatan Jerman

15 December 2022 - 23:40 WIB
Foto : detik.com

Tribratanews.polri.go.id - Singapura resmi meluncurkan dua kapal selam barunya di Kiel yang telah selesai dibuat oleh perusahaan manufaktur Jerman, ThyssenKrupp Marine System (TKMS), pada Selasa (13/12/22).

Kedua kapal selam yang diberi nama Impeccable dan Illustrious itu merupakan kapal selam tipe kostum 218SG yang dirakit oleh ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) untuk Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF).

Baca juga : Banjir Terjang Ibu Kota Kinshasa Kongo, Ratusan Orang Tewas

Diketahui, TKMS merupakan perusahaan Jerman yang menyediakan kapal selam dan kapal-kapal jenis lainnya. Kapal selam pertama Singapura yang bernama Invincible dan diluncurkan tahun 2019 lalu juga dirakit oleh TKMS, serta diresmikan dalam seremoni serupa di Kiel, Jerman.

Peresmian yang digelar Selasa (13/12/22) lalu, waktu setempat di Kiel, Jerman turut dihadiri oleh PM Lee dan Kanselir Scholz. Mengikuti tradisi Angkatan Laut sejak lama, dua kapal selam terbaru itu diluncurkan oleh sponsor wanita, dalam hal ini istri PM Lee, Ho Ching.

Dilansir dari detik.com, Rabu (13/12/22), Seremoni peresmian itu disaksikan oleh Menteri Pertahanan Ng Eng Hen dan Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan, juga jajaran pejabat pertahanan Singapura dan Jerman lainnya.

PM Lee dalam pidatonya menekankan pentingnya kapal selam dalam membantu Singapura-sebagai negara maritim-untuk tetap membuka jalur lautnya bagi pergerakan barang dan material.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment