Presiden Jokowi Pastikan Indonesia Siap Gelar KTT G20

9 November 2022 - 10:41 WIB
Foto : (pmjnews.com)

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden Jokowi memastikan Indonesia siap menerima para tamu dan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang. Kepastian itu disampaikan Kepala Negara usai meninjau sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan KTT G-20, Selasa (8/11/2022).

"Jadi ini sudah H-7, saya sudah cek dari sampai titik-titik yang paling kecil. Semuanya sudah saya cek. Maka, saya ingin menyatakan kita siap menerima tamu-tamu G20," ungkap Presiden dikutip dari pmjnews.com, Selasa (8/11/22)

Presiden menjelaskan, hingga saat ini sudah ada 17 kepala negara/kepala pemerintahan yang menyatakan hadir pada KTT G20 di Bali mendatang. Di antaranya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping. Sedangkan terkait kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, masih mempertimbangkan situasi dan kondisi di negara masing-masing.

Baca juga : Tiba di Bali, Presiden Akan Tinjau Kesiapan KTT G20

“Beberapa hari yang lalu, saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan,” jelas Presiden.

Presiden menegaskan, kehadiran para kepala negara maupun kepala pemerintahan pada KTT G20 di Bali kali ini merupakan suatu kehormatan, mengingat kondisi dunia yang sedang tidak kondusif.

“Saya kira dalam posisi normal itu biasa yang hadir juga 17-18. Tapi saat ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit. Semua negara sangat sulit. Kalau kehadirannya sampai sejumlah itu, saya kira sangat bagus,” jelas Presiden.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment