Polisi Ukraina Temukan Kuburan Massal Berisi 500 Mayat

9 October 2022 - 17:00 WIB

Tribratanews.polri.go.id – Kepolisian Ukraina menemukan lebih dari 500 mayat warga sipil di wilayah Kharkiv yang baru dibebaskan dari pasukan Rusia.

"Kami menemukan 534 jasad warga sipil dari wilayah yang baru dibebaskan dari Rusia itu pun baru di wilayah Kharkiv saja," jelas Kepala Departemen Investigasi Kepolisian Regional, Serhii Bolvinov.

Jasad yang ditemukan, 226 perempuan dan 19 lainnya anak-anak. Sebanyak 447 dari 534 mayat itu ditemukan di tempat yang disebut "situs pemakaman massal" di Izium. Kepolisian juga menemukan 22 lokasi, yang diduga adalah ruang penyiksaan.

Penyelidik telah mengumpulkan dokumen dan bukti lain dari situs tersebut serta mewawancarai saksi mata, termasuk mantan warga pernah yang ditangkap.

"Unit Rusia membentuk tempat seperti itu untuk menahan warga sipil dan tahanan perang di hampir seluruh pemukiman yang menjadi basis mereka," ungkapnya.

Selain itu, Bolvinov mengungkapkan teknik paling umum yang digunakan untuk menyiksa warga menggunakan setrum listrik dan beberapa pukulan tongkat dan objek lain. "Ada kasus mencabut kuku dan menggunakan masker gas untuk membatasi pernapasan," terangnya dikutip CNN.

Berdasarkan pemberitaan The New York Times, kebanyakan korban adalah warga yang ditangkap karena melanggar jam malam, ataupun dituduh sebagai penunjuk target dalam serangan artileri Ukraina.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/internasional/20221008151950-134-858043/ukraina-klaim-temuan-500-mayat-di-kuburan-massal-kharkiv

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment