Menlu RI Ungkap Alasan Palestina Belum Kunjung Merdeka

27 September 2022 - 10:00 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi, menjelakan alasan Palestina belum kunjung merdeka dari penjajahan Israel hingga kini.

Pernyataan itu disampaikan Menlu RI, Retno Marsudi dalam Pertemuan Tingkat Menteri Gerakan Non-Blok (GNB) di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York.

"Salah satu alasan mengapa isu Palestina tetap berada dalam agenda Gerakan Non-Blok dan masih belum terselesaikan adalah karena adanya kesenjangan antara komitmen dengan apa yang sesungguhnya dilaksanakan oleh GNB. Kita tidak melakukan walk the talk kita hanya bicara, tapi tidak berbuat," tutur Retno seperti dikutip dalam situs Kemlu RI.

"Dalam seminggu terakhir, kita bicara banyak mengenai krisis global. Tetapi satu hal yang tidak boleh kita lewatkan adalah komitmen kita untuk Palestina. Membebaskan Palestina dari penjajahan adalah 'hutang' kita bersama," tambah Retno.

Menlu RI, Retno Marsudi menegaskan Indonesia pun tak akan bergeser sedikit pun untuk terus berkomitmen mewujudkan kemerdekaan Palestina dengan berpegang pada solusi dua negara. Terlebih, ia menyampaikan bahwa Indonesia bangga karena termasuk yang terdepan memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan GNB juga seharusnya tetap memainkan peran penting untuk bisa mewujudkan negara Palestina.

"GNB seharusnya dapat memainkan peran lebih besar dalam mendorong dimulainya proses perdamaian karena GNB terdiri atas 120 negara, artinya memiliki 60% suara di PBB. Ini jelas akan membawa perbedaan. Selain itu, saat ini, terdapat lima negara GNB yang menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB," ujar Retno.

Ia pun mengajak GNB untuk terus merapatkan barisan sehingga tak ada halangan lagi bagi kemerdekaan Palestina.

"Dengan 139 negara telah mengakui Palestina sebagai negara, kita harus terus berjuang untuk kemerdekaan Palestina, hingga kemerdekaan Palestina tercapai," pungkas Retno.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.659.235

Sembuh

6.441.327

Meninggal

159.789

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 30 November 2022 - 10:49
Sign in to leave a comment