Menlu RI: RS Indonesia di Gaza Terancam Lumpuh

1 November 2023 - 20:45 WIB
Foto: Alibi.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menlu RI Retno Marsudi mengatakan Rumah Sakit Indonesia di Gaza terancam mengalami shut down. Hal ini lantaran kurangnya pasokan bahan bakar.

"Terdapat informasi yang kita peroleh dari pernyataan Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza yang menyampaikan mengenai pentingnya pasokan bahan bakar untuk merawat dan menyelamatkan nyawa manusia yang dirawat di Rumah Sakit," ungkap Menlu RI dalam konferensi pers, Rabu (1/11/23).

Dilansir dari detiknews, Retno Marsudi juga menjelaskan bahwa berdasarkan rilis yang disampaikan Kementerian Kesehatan Palestina, selain RS Indonesia, terdapat RS lain yang mengalami hal serupa.

Baca Juga:  Kemenkes: Kasus Cacar Monyet Ada di DKI, Jabar, dan Banten

“Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa waktu tinggal beberapa jam sebelum generator utama dua rumah sakit yaitu Rumah Sakit Al Syifa Medical Complex dan juga Rumah Sakit Indonesia akan mengalami shut down kalau tidak ada tambahan pasokan bahan bakar,” tambahnya.

Menlu RI itu juga telah berkomunikasi dengan relawan MER-C yang berada di lokasi, dari hasil komunikasi, diketahui RS Indonesia memiliki waktu 48 jam sebelum generator utama mati.

"Dengan kondisi ini, kita intensifkan komunikasi agar bahan bakar dapat masuk ke Gaza dengan alasan kemanusiaan, sekali lagi, dengan alasan kemanusiaan," jelasnya.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment