Menlu RI: Presiden Putin dan Presiden China Bakal Hadiri KTT G20 di Bali

14 October 2022 - 18:22 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Luar Negeri Indonesia Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, LL.M., mengungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping rencananya bakal hadir dalam pertemuan Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November mendatang.

"Sejauh ini kita tidak menerima respons negatif, dari semua negara G20 terkait kehadiran leadersnya (pemimpin negara anggota G20)," ujarnya dalam press briefing di Gedung Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (13/10/22).

Menteri Luar Negeri Indonesia menambahkan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan perwakilan negara G20 dan juga negara undangan lainnya. Menlu menambahkan bahwa presidensi Indonesia atas KTT G20 merupakan presidensi yang paling sulit.

"Presidensi Indonesia di G20 tahun ini mungkin merupakan presidensi yang paling sulit, di mana dunia sedang menghadapi berbagai krisis global dan pandemi COVOD-19," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo mengatakan dalam wawancara bersama Bloomberg bahwa Pemimpin China dan Rusia akan datang ke KTT G20. "Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya dia akan datang," ungkapnya, dikutip dari CNNIndonesia.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20221013152958-106-860141/menlu-ri-isyaratkan-putin-hingga-xi-jinping-hadiri-ktt-g20-bali


(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment