Menlu RI: 18 Negara Antre Ingin Bertemu Presiden Jokowi di KTT G20

1 November 2022 - 11:24 WIB
Foto : (CNNIndonesia.com)

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. KTT G20 di Bali menjadi pusat perhatian 0ad pemimpin dunia. Tak heran jika sejumlah pemimpin negara peserta ingin bertemu dengan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, LL.M., menyebut sudah ada 18 negara yang mengajukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20).

Namun Menlu RI belum mau membeberkan daftar negara tersebut. Akan tetapi, Menlu memastikan Amerika Serikat menjadi salah satu negara dalam daftar itu.

“Untuk bilateral sejauh ini sudah, saya lupa datanya, tetapi sekitar 18-20 (perwakilan negara). Kita akan melakukan bilateral dengan Amerika. pihaknya sedang mengatur jadwal pertemuan bilateral tersebut. Dia berkata kemungkinan sebagian pertemuan tak digelar di sela-sela KTT G20,” jelasnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (31/10/22).

Baca juga : Menlu RI: Presiden Putin dan Presiden China Bakal Hadiri KTT G20 di Bali

Pemerintah akan menyediakan waktu untuk negara-negara itu bertemu Presiden Jokowi pada KTT ASEAN di Vietnam pada 10-13 November. Sebagian lainnya kemungkinan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Jokowi pada KTT APEC di Thailand pada 15-16 November.

“Prinsipnya Presiden sangat menghargai dan ingin sekali melakukan pertemuan sesuai dengan permintaan para leaders negara lain,” terangnya dikutip dari CNNIndonesia.com.

Indonesia telah menjalani peran presidensi G20 sejak November tahun lalu. Indonesia akan mengakhiri masa jabatannya dengan menggelar KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment