Membangun Kepercayaan Publik: Kunjungan Kehumasan Divisi Humas Polri ke National Police Agency Jepang

24 October 2024 - 23:29 WIB

Tribratanews.polri.go.id-Tokyo, 23 Oktober 2024 – Kunjungan resmi delegasi Divisi Humas Polri ke National Police Agency (NPA) Jepang menjadi momen penting dalam membangun kepercayaan publik antara kepolisian Indonesia dan Jepang. Dipimpin oleh Brigjen Pol Tjahyono Saputro, Kepala Bagian Penerangan Divisi Humas Polri, delegasi ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang praktik kehumasan yang diterapkan di NPA dan menjajaki peluang kolaborasi di masa mendatang.


Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, yang menjabat sebagai Kabag Mitra Ropenmas DivHumas Polri, menyatakan, "Kami berharap dapat mempelajari cara NPA dalam membangun kepercayaan publik dan bagaimana informasi disampaikan kepada masyarakat dengan efektif."

Salah satu hal yang menarik perhatian delegasi adalah pendekatan NPA terhadap media sosial. "Kami hanya menggunakan x.com untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Kami tidak memiliki akun di _Instagram_, _Facebook_, atau _TikTok_, dan kami tidak mengoperasikan stasiun televisi," ungkap perwakilan NPA.

Kombes Pol Ibrahim Tompo menambahkan, "Ini adalah pendekatan yang berbeda dengan yang biasa kami lakukan di Indonesia. Kami ingin mengetahui alasan di balik pilihan ini."

Perwakilan NPA menjelaskan, "Kami membatasi personel kami dalam mengunggah konten di media sosial. Hal ini bertujuan untuk menjaga citra dan konsistensi informasi yang disampaikan kepada publik."

Pemberitaan di media sosial NPA sebagian besar terdiri dari himbauan-himbauan untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. "Kami menyampaikan informasi yang berkaitan dengan Harkamtibmas untuk meningkatkan kesadaran publik," kata perwakilan NPA.

Perwakilan NPA menjelaskan bahwa kepercayaan ini dibangun melalui komunikasi yang transparan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. "Kami selalu berusaha untuk menjalin hubungan baik dengan publik dan memberikan informasi yang mereka butuhkan," ujarnya.

Setelah pertemuan di NPA, delegasi Polri melanjutkan kunjungan ke Departemen Kepolisian Metropolitan Jepang. Di sini, mereka mengunjungi Museum Kepolisian Jepang dan Sistem _Command Center_, yang merupakan call center di daerah Tokyo.

Kunjungan Divisi Humas Polri ke National Police Agency dan Departemen Kepolisian Metropolitan Jepang menegaskan komitmen kedua lembaga untuk bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban. "Kami berharap hubungan ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak," tutup Brigjen Pol Tjahyono Saputro.

Dengan semangat kolaborasi ini, diharapkan ke depan akan terjalin kerja sama yang lebih produktif antara Polri dan kepolisian Jepang, demi menciptakan masyarakat yang lebih aman dan terinformasi.

(Ta/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment