Joe Biden dan Xi Jinping Bakal Bertemu Jelang KTT G20

11 November 2022 - 16:42 WIB
Foto : (CNNIndonesia.com)

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping direncanakan bakal menggelar pertemuan bilateral di Bali pada Senin 14 November atau menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Juru Bicara Gedung Putih Karine Jean Pierre mengatakan kedua pemimpin negara itu akan membahas upaya pertahanan dan meperdalam jalur komunikasi AS-China.

"Kedua pemimpin negara itu akan membahas upaya pertahanan dan meperdalam jalur komunikasi AS-China, serta bagaimana mengelola persaingan yang bertanggung jawab dan bekerja sama di kepentingan yang selaras," jelas Karine Jean Pierre, seperti dikutip AFP, Jumat (11/11/22).

Baca juga : Presiden Jokowi Pastikan Indonesia Siap Gelar KTT G20

AS dan China memiliki hubungan investasi dan perdagangan yang besar. Namun, kedua negara ini juga saling bersaing untuk mendapat pengaruh militer dan diplomatik, terutama di kawasan Asia-Pasifik.

Sementara itu, China kerap murka kepada siapa saja yang turut campur internal negaranya termasuk soal Taiwan. Mereka akan melakukan segala cara, bila perlu dengan paksa, untuk mempertahankan pulau itu, dan mereka juga disebut bakal membahas provokasi Korea Utara yang meluncurkan 80 rudal pekal lalu.

KTT G20 akan berlangsung di Bali pada 15-16 November. Menurut Presiden Indonesia Joko Widodo sejauh ini ada 17 pemimpin negara yang dipastikan hadir.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, salah satu pemimpin negara yang mengonfirmasi absen adalah Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam forum itu, delegasi Moskow akan dipimpin Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment