Buron 30 Tahun, Bos Mafia Italia Berhasil Ditangkap

17 January 2023 - 14:40 WIB
The Guardian

Tribatanews.go.id - Bos mafia asal Italia yang menjadi buron selama 30 tahun, Matteo Messina Denaro, ditangkap di Sisilia pada Senin (16/1) waktu setempat. 

Denaro ditangkap di sebuah klinik pribadinya di Palermo, Sisilia. Pria berusia 60 tahun itu kemudian dibawa ke lokasi rahasia oleh polisi Italia Carabinieri.

Baca juga : Polda Metro Jaya Turun Tangan Bantu Usut Sekeluarga Keracunan di Bekasi

Denaro dianggap sebagai salah satu pentolan bos mafia Sisilia, yang dikenal sebagai Cosa Nostra. Dia divonis hukuman penjara seumur hidup dalam persidangan yang berlangsung secara in absentia, karena perannya dalam serangkaian pembunuhan.

Salah satunya adalah pembunuhan jaksa anti mafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino pada 1992 silam. 

Selain itu, Denaro juga terlibat dalam serangan bom pada 1993 di Florence, Roma, dan Milan yang menewaskan 10 orang. Alhasil, Ia dijatuhi penjara seumur hidup. 

Denaro merupakan pemimpin terakhir Cosa Nostra yang telah menjadi buron sejak 1993. Namun, jaksa penuntut anti mafia meyakini bahwa dia masih bisa memberikan perintah dari berbagai lokasi rahasia. 

Menyikapi penangkapan Denaro, Perdana Menteri Italia Giorgio Meloni mengatakan hal tersebut menjadi kemenangan besar negaranya atas mafia.

“Sebuah kemenangan besar bagi negara yang tidak pernah menyerah di hadapan para mafia. Setelah peningkatan penangkapan Toto Riina, pelaku kejahatan terorganisir lainnya, Matteo Messina Denaro, diadili,” kata Meloni dalam cuitan di akun Twitter miliknya.

(ndt/af/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment