BMKG Pastikan Tak Ada Dampak Dirasakan Indonesia Dari Tsunami Jepang

24 September 2024 - 18:30 WIB
Dokumentasi BMKG

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa gempa di Kepulauan Izu, Jepang, pada 06.14 WIB, tadi pagi tidak menimbulkan tsunami di Indonesia

“Hasil pemodelan tsunami TOAST oleh BMKG menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis, Selasa (24/9/24).

Hasil monitoring BMKG, ungkapnya, menunjukkan bahwa gempa yang terjadi memiliki kekuatan Mw 5,7. Gempa terjadi dengan episenter terletak pada koordinat 31,45° LU dan 139,84° BT tepatnya di laut dengan kedalaman 12 km,”

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu aktivitas subduksi lempeng pada zona Megathrust Izu-Ogasawara dengan mekanisme sumber sesar naik (thrust fault),” jelasnya.

Menurutnya, memang Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa bumi yang terjadi di sekitar 180 kilometer selatan Pulau Hachijo, salah satu pulau terbesar di gugus Kepulauan Izu. Setelah terjadi gempa, tsunami kecil teramati di Kepulauan Izu, Jepang dan namun tidak menimbulkan kerusakan.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment