Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir

5 April 2024 - 13:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Bantuan Kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk Palestina tiba di Bandara Internasional Kairo, Mesir pada Kamis (4/4/24). Bantuan kemanusiaan itu tiba di Kairo setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 12 jam dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia tipe A330-900.

Kepala BNPB Suharyanto pun telah menyerahkan secara simbolis bantuan kemanusiaan kepada perwakilan Kementerian Kesehatan Mesir.

"Mudah mudahan bantuan ini dapat sedikit meringankan penderitaan dari rakyat Palestina akibat konflik di wilayah Gaza," ujar Kepala BNPB dalam siaran pers, Jumat (5/4/24). Ia juga berharap, pengiriman bantuan ini dapat menjalin lebih erat hubungan antara Indonesia dan Mesir. 

Baca Juga: DKI Imbau Pemudik Tak Ajak Saudara atau Tetangga di Kampung Adu Nasib ke Jakarta

Setelah menerima bantuan, perwakilan Kementerian Kesehatan Mesir mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah mendukung upaya negaranya untuk membantu warga Palestina.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Indonesia yang telah mendukung kami, khususnya dalam hal obat-obatan dan alat kesehatan, untuk merawat dan menangani warga Palestina, korban konflik," demikian pernyataan perwakilan Kementerian Kesehatan Mesir.

Diketahui, bantuan kemanusian yang dikirim Indonesia senilai Rp15,1 miliar, yang terdiri dari obat-obatan, alat kesehatan, logistik, dan barang lainnya.

Bantuan untuk Palestina ini diberikan mengingat terdapat kurang lebih satu setengah juta warga pengungsi Palestina yang berada di Kota Rafah, Mesir. Selain itu, beberapa rumah sakit di Mesir juga merawat korban konflik di wilayah Palestina.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment