Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Tiba di Pakistan

28 September 2022 - 12:09 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhajir Effendi telah menyerahkan bantuan untuk korban banjir dari Pemerintah Indonesia kepada pejabat Pemerintahan Provinsi Sindh, Menteri Perburuhan Mr. Saeed Ghani dan Menteri Kesejahteraan Umum Mr. Muhammad Sajidd melalui upacara singkat yang diselenggarakan di Bandar Udara Internasional Jinnah di Karachi (27/9/22).

Kepala BNPP Letjen. Suharyanto, Ketua Komisi XIII DPR RI Mr. Ashabul Kahfi, dan Direktur Asia Selatan dan Tengah, Kemlu, juga hadir dalam acara tersebut, mewakili delegasi dari Indonesia. Delegasi juga disambut oleh pejabat dari Badan Manajemen Bencana Nasional (NDMA) Pakistan.

Paket bantuan kemanusiaan dengan berat sekitar 90 ton dikirimkan melalui 2 (dua) pesawat Garuda yang membawa logistik seperti obat-obatan, tenda, pakaian, selimut, kantong tidur, kelambu, dan genset bagi para korban dari banjir yang mengahancurkan di Pakistan.

Menko PMK selaku Ketua Delegasi Bantuan Kemanusiaan RI, Prof. Dr. Muhajir Effendi menyampaikan belangsungkawa dan simpati mendalam kepada korban banjir di Pakistan dari Pemerintah dan rakyat Indonesia.

Menko PMK juga mengatakan bahwa kedua negara memiliki semangat persahabatan, dan kerjasama untuk saling membantu dalam masa-masa yang sulit. Indonesia juga akan membantu Pemerintah Pakistan pada tahap berikut dalam penanganan tantangan paska banjir.

Menteri Perburuhan Mr. Saeed Ghani menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan bangsa Indonesia yang telah menunjukkan solidaritas dan menyampaikan bantuan pemulihan kemanusiaan kepada rakyat Pakistan.

Menko PMK Prof. Dr. Muhajir Effendi dan delegasi mengunjungi camp penampungan di wilayah Gulean-e-Iqbal, Karachi untuk memdistribusikan paket bantuan kepada 75 KK, yang mengungsi sementara di sekolah anak laki-laki Madu Goth.

Sebagai dua negara Muslim terbesar, Indonesia dan Pakistan memiliki hubungan persaudaraan dan persahabatan yang kuat. Kedua negara saling membantu pada saat bencana alam, baik ketika tsunami di Indonesia atau banjir besar di Pakistan pada tahun 2010. Diharapkan bantuan Indonesia akan mengurangi penderitaan warga yang terdampak banjir dan mendukung upaya cepat yang dilakukan pemerintah Pakistan dalam penanganan dampak kerusakan banjir bandang berskala besar di Pakistan.

Share this post

Sign in to leave a comment