27 Pesawat Tempur China Masuk Zona Pertahanan Udara, Taiwan Menantang

4 August 2022 - 13:53 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Sebanyak 27 pesawat tempur China terbang ke zona pertahanan udara Taiwan pada Rabu (3/8) ketika Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi melakukan kunjungan kontroversialnya ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang dianggap Beijing sebagai wilayahnya.

"27 pesawat PLA ... memasuki wilayah sekitar (Republik China) pada 3 Agustus 2022," kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah tweet.

Taiwan mengeluarkan nada menantang ketika China bersiap latihan militer mengelilingi pulau itu sebagai pembalasan atas kunjungan Pelosi, beberapa jam setelah politisi senior AS itu pergi. Pemimpin Kelompok Tujuh mendesak Beijing untuk menahan diri, dengan mengatakan "tidak ada pembenaran" untuk latihan militer "agresif" di Selat Taiwan. Ketua DPR AS Pelosi meninggalkan Taiwan pada Rabu pagi.

China kemudian mengumumkan apa yang dikatakannya sebagai latihan militer "perlu dan adil" di laut lepas pantai Taiwan, beberapa jalur air tersibuk di dunia. "Dalam perjuangan saat ini seputar kunjungan Pelosi ke Taiwan, Amerika Serikat adalah provokatornya, China adalah korbannya," kata Kementerian Luar Negeri Beijing.

Namun Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan pulau berpenduduk 23 juta jiwa itu tidak akan gentar. "Menghadapi ancaman militer yang sengaja ditingkatkan, Taiwan tidak akan mundur. Kami akan ... terus mempertahankan garis pertahanan untuk demokrasi," kata Tsai pada sebuah acara dengan Pelosi di Taipei.

China mencoba menjaga Taiwan tetap terisolasi di panggung dunia dan menentang negara-negara yang memiliki pertukaran resmi dengan Taipei. Pelosi, urutan kedua dalam kursi kepresidenan, adalah pejabat AS terpilih dengan profil tertinggi yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun. "Hari ini, delegasi kami ... datang ke Taiwan untuk menegaskan dengan tegas bahwa kami tidak akan meninggalkan komitmen kami terhadap Taiwan," katanya di acara bersama Tsai.

Sebelum meninggalkan Taiwan, Pelosi juga bertemu dengan beberapa pembangkang yang sebelumnya menjadi sasaran kemarahan China -- termasuk pemimpin mahasiswa dalam demo Tiananmen Wu'er Kaixi. "Baik pemerintah Amerika Serikat dan Taiwan perlu... bertindak lebih dalam membela hak asasi manusia," kata Wu'er.

Setelah dari Taiwan, delegasi Pelosi menuju ke Korea Selatan, perhentian berikutnya dalam tur Asia yang mencakup kunjungan ke Singapura dan Malaysia. Dia akan mengakhiri perjalanannya di Jepang. Setelah Pelosi pergi, Kementerian Pertahanan Taiwan mengumumkan pada Rabu malam bahwa 27 pesawat tempur China telah memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pulau itu.

Kementerian menerbitkan peta yang menunjukkan 16 Su-30 dan 6 J-11 telah melintasi apa yang disebut "garis tengah" Selat Taiwan - batas tidak resmi di jalur air sempit, yang memisahkan pulau itu dari daratan dan mengangkangi wilayah vital jalur pelayaran.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.650.244

Sembuh

6.429.987

Meninggal

159.676

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 29 November 2022 - 09:00
Sign in to leave a comment