Polri Jelaskan Sejumlah Terduga Teroris MIT Poso Telah Baiat ke Pemimpin Baru ISIS

18 May 2022 - 20:18 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Densus 88 AT Polri berhasil menangkap 24 tersangka teroris jaringan MIT Poso dan ISIS. Polri mengatakan sebagian dari mereka telah berbaiat kepada pemimpin baru ISIS, yakni Abu Hasan al-Hashemi al-Qurashi.

"Di mana kita ketahui organisasi ISIS sudah memiliki pemimpin yang baru. Jadi beberapa orang ini telah melakukan baiat kepada pemimpin ISIS yang baru, yaitu Abu Hasan al-Hashemi al-Qurashi," jelas Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan, S.H., M.H., M.Si., Selasa (17/5/2022).

Karo Penmas menambahkan bahwa para teroris juga kerap mengikuti pelatihan-pelatihan. Selain itu, mereka telah melakukan baiat kepada amirul mukminin.

"Secara umum mereka beberapa kali mengikuti kegiatan i'dad atau pelatihan-pelatihan, kemudian telah melakukan kegiatan baiat kepada amirul mukminin," katanya.

Selanjutnya, para tersangka juga disebut membantu menyiapkan logistik amunisi di jaringan ini serta menyembunyikan informasi-informasi kegiatan tersebut.

"Kemudian memberikan dukungan kepada kelompok MIT Poso berupa berencana bergabung bersama kelompok MIT, kemudian membantu penyiapan logistik, termasuk logistik amunisi dan menyembunyikan informasi-informasi terkait dengan kegiatan MIT Poso itu sendiri," pungkas Jenderal Bintang Satu itu.

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment