Polisi Tangkap 2 Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan di Bintan

15 May 2023 - 10:15 WIB
Foto: Ilustrasi Kebakaran

Tribratanews.polri.go.id - Bintan. Polisi mengamankan dua pria atas dugaan melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk membuka area perkebunan, Minggu (14/5/23). Kedua pelaku tersebut berinisial KH (36) dan MR (58).

Kapolres Bintan, AKBP Riki Iswoyo, S.I.K., menjelaskan bahwa pada Jumat (12/5/23) telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kampung Kangboi, Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya. Selanjutnya, api yang membakar hutan dan lahan dipadamkan personel gabungan dari Polsek Gunung Kijang, Sat Samapta Polres Bintan, serta dibantu masyarakat setempat.

"Polres Bintan mengerahkan mobil Water Cannon untuk memadamkan api, juga dilakukan pemadaman secara manual dengan peralatan seadanya," jelas Kapolres Bintan, Minggu (14/5/23).

Baca Juga:  Kapolda Metro Jaya Tekankan Anak Muda di Jakarta untuk Tidak Begadang

Kapolres mengungkapkan bahwa menambahkan setelah diselidiki, ternyata lahan itu milik KH. Lahan itu diduga sengaja dibakar dengan maksud akan membuka lahan perkebunan nanas. Dalam aksinya, KH dibantu seorang pelaku lainnya MR dengan upah sebesar Rp 2 juta. Keduanya membuka lahan seluas satu hektare dengan cara menebas, membersihkan hingga membakarnya.

"Luas lahan yang terbakar sekitar 1,5 hektare. Api dapat dipadamkan berkat kesiapsiagaan petugas gabungan kebakaran hutan dan lahan," jelasnya lebih lanjut.

Kedua pelaku pun sudah ditahan dan masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut. Perbuatan keduanya melanggar Pasal 108 Juncto Pasal 56 Ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan dan atau Pasal 187 Ayat 1 KUHP dan atau Pasal 188 KUHP dengan ancaman penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar.

(my/pr/um)

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment