Polisi Gagalkan Peredaran Sabu, Ekstasi, dan Ketamin

29 May 2023 - 18:00 WIB
Foto: Dok. Divisi Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Penyidik Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri membongkar peredaran narkoba jenis sabu, ketamin, dan ekstasi. Total barang bukti yang berhasil disita terdiri dari 75.017,3 gram sabu; 13.007 butir ekstasi; dan 1.911 gram ketamin.

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Kombes. Pol. Jayadi menerangkan, dalam pengungkapan pertama ditangkap tiga tersangka yang terdiri dari RS, FR, dan JI. Kemudian, terdapat satu DPO inisial A yang tengah dalam pencarian. Mereka mengedarkan 35 gram sabu dari Malaysia.

“Sabu-sabunya disembunyikan oleh para pelaku di dalam ban mobil yang mereka gunakan. Jadi mereka menggunakan mobil dan menyeberang laut dengan kapal,” jelasnya dalam konferensi pers, Senin (29/5/23).

Kasus kedua, lanjutnya, pengungkapan peredaran ekstasi dan sabu yang didapat dari jaringan Afganistan. Dalam kasus ini, pengendalian peredaran barang haram itu dikendalikan oleh seorang napi di Lapas Kelas I Cirebon.

“Kita amankan tersangka Wonfa alias I, RWS alias C, AZ, MCF alias K, dan S bin NK. Mereka ini menggunakan modus dengan menyamarkan pada gorden,” ungkapnya.

Selanjutnya, kasus ketiga terkait peredaran 1.911 ketamin asal Italia. Menurut Wadirtipidnarkoba, para pelaku penggunakan jasa pengiriman dengan tujuan Kepulauan Riau.

Baca Juga:  Polisi Bekuk Pemuda Setubuhi Gadis 16 Tahun di Way Kanan

“Kami berhasil mengamankan LM di Batam yang menjadi penerima paket ini,” ujarnya.

Wadirnarkoba melanjutkan, pihaknya juga mengungkap peredaran 3.000 gram sabu. Barang haram ini berasal dari Malaysia untuk diedarkan di Riau.

Dalam kasus ini, penyidik menangkap tersangka E dan DF. Berdasarkan pengakuan tersangka, jelasnya, mereka disuruh oleh DPO berinisial F yang menjadi pemilik barang haram ini.

Kasus selanjutnya adalah pengungkapan peredaran 10.000 gram sabu yang berhasil diungkap saat proses transaksi. Penyidik pun menangkap S dan FA.

“Di Selat Panjang ini ada dua pengungkapan, satu lagi berhasil kita amankan tersangka BS yang mengedarkan 8.037 gram sabu,” jelas Wadir.

Terakhir, pengungkapan peredaran 6.969 gram sabu dan 13.000 butir ekstasi oleh tersangka TRM bin R dan AS bin M. Keduanya ditangkap di depan sebuah hotel dekat ruko.

Kedua tersangka kemudian dikenakan Pasal 14 ayat 2 Jo Pasal 32 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Peredaran Narkotika Golongan I. Subsider Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

(ay/hn/um)

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment