Polisi Buru Penyebar Hoax Video Lawas Gangster di Surabaya

6 December 2022 - 15:37 WIB
Foto : gorontalopost.id

Tribratanews.polri.go.id - Jatim. Polrestabes Surabaya bersama Dirkrimsus Polda Jatim memburu pelaku yang menyebarkan narasi hoax video lama aksi para gangster yang membuat resah dan takut sebagian masyarakat.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes. Pol. Akhmad Yusep Gunawan, S.H., S.I.K., mengungkapkan, saat ini pihaknya mencatat ada lima video lama yang paling sering disebar di dunia maya dengan narasi untuk menakut-nakuti masyarakat.

Baca Juga : Satu Tersangka Pengedar Liquid Sabu untuk Rokok Elektrik Berhasil diamankan Anggota Polda Metro Jaya

“Ada lima video lama yang beredar. Iya termasuk kejadian yang pakai petasan di Tanjungsari. Kemudian dimodifikasi lagi oleh cuitan-cuitan masyarakat (di Medsos), akhirnya itu yang membuat masyarakat, seolah-olah terjadi malam ini. Bahkan ditambahkan lah, narasi, maka beredarlah konten-konten itu,” ungkap Kapolrestabes Surabaya dilansir beritajatim pada Senin (5/12/22).

Mantan Kabag Renmin Divkum Polri tersebut menambahkan, upaya penanggulangan aksi gangster yang dilakukan oleh kepolisian dan pemkot serta pihak-pihak lain yang mendukung sudah maksimal dan berbanding lurus dengan suasana kamtibmas saat ini.

Kapolrestabes menegaskan, saat ini pihak kepolisian tidak akan tinggal diam, saat ini tim siber Polda Jatim sedang melakukan monitoring di dunia maya.

“Ini tengah kami selidiki siapa yang memposting. Ini juga sudah kami laporkan ke Direktorat Krimsus, subdit siber untuk mentracing baik yang mengunggah postingan akun-akun yang dapat meresahkan itu. Artinya akan kita minta pertanggung jawaban, maksud dan tujuan memposting konten-konten negatif,” tegasnya.

(fa/hn/um)


Share this post

Sign in to leave a comment